Mengenal Jenis Bahan Tekstil

Mengenal Macam-Macam Bahan Tekstil

Mari kenali klasifikasi tipe bahan tekstil & jenis kain tekstil berdasarkan bahan pembuatnya. Bagi anda yang belum Mengenal Jenis Bahan Tekstil. saya akan menjelaskannya seperti berikut ini :

A. Kain Serat Alami (Natural Fibers)
Sesuai namanya, kain serat alami merupakan bahan tekstil dari bahan alam, seperti tumbuh-tumbuhan, hewan dan mineral. Bahan tekstil dari jenis kain serat alami tercipta secara geologis dan sering terdefinisikan sebagai serat berbasis selulosa. Ciri khas utamanya adalah kuat, mudah kusut dan padat. Setiap jenis serat dari kain serat alami ini bisa berasal dari bagian spesifik dari tanaman, hewan atau mineral, contohnya :

  • Kain serat alami dari tumbuhan berasal dari bagian batang, daun, cangkang, dll.
  • Kain serat alami dari hewan biasa berasal dari bulu domba dan hewan lain, termasuk juga bahan tekstil sutra.
  • Kain serat alami berbahan mineral ini umumnya dibuat dari mineral asbestos, yang berasal dari bahan tambang.
Mengenal Jenis Bahan Tekstil
Kain Serat Alami (Natural Fibers)

Anda dapat membaca lebih lengkap dengan membaca tulisan ini Mengenal Jenis Bahan Tekstil. Beberapa jenis kain serat alami yang paling populer antara lain:

  • Katun yang terbuat dari tanaman kapas
  • Wol yang berasal dari bulu domba
  • Linen yang berasal dari tanaman lenan
  • Sutra yang berasal dari larva ulat sutra

B. Kain Sintetis (Synthetic Fibers)
Bahan tekstil dari jenis kain sintetis merupakan kebalikan dari kain serat alami. Jenis kain sintetis umumnya diproduksi secara kimiawi dan terdiri dari serat filamen yang saling menyatu, panjang, dan menyambung. Oleh sebab itu, jenis kain sintetis sering diproduksi dalam bentuk gulungan padat berukuran besar. Kualitas dari jenis kain sintetis otomatis berbeda juga dari kain serat alami. Perbedaan ini menghasilkan kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Bahan tekstil dari jenis kain sintetis bisa bersifat tahan air, sehingga cocok dijadikan pakaian renang. Bahan ini juga bisa dimodifikasi agar memiliki sifat anti kusut, anti noda dan bahkan anti api.

BACA ARTIKEL LAINNYA :  Pembuatan School Uniform Sealonline
Mengenal Jenis Bahan Tekstil
Kain Semi Sintetis

Beberapa jenis kain serat sintetis yang paling populer antara lain:

1. Polyester
Bahan tekstil ini merupakan kombinasi dari batu bara dan petroleum.

2. Spandex
Bahan ini merupakan bahan tekstil lycra. Jenis kain ini sangat elastis dan merupakan campuran dari berbagai bahan serat.

3. Serat akrilik
Jenis kain ini merupakan dari formasi polymer dengan vinyl atau acrylonitrit yang meniru karakteristik wol, fleece dan bulu hewan.

4. Kain Semi Sintetis (Semi-Synthetic Fiber)
Bahan tekstil terakhir adalah jenis kain semi sintetis. Kain ini terbuat dari campuran kain serat alami dengan struktur polimer dari jenis kain sintetis. Jika sebuah bahan kain serat alami termodifikasi secara kimiawi, maka hasilnya mendapat kategori sebagai bahan tekstil semi sintetis. Seringkali, perpaduan dari kedua jenis kain ini dapat menghasilkan kombinasi yang multifungsi. Hal ini dapat kita temukan pada kain sutra artifisial, yang memiliki penampilan indah, tahan lama, namun harganya lebih terjangkau.

Beberapa jenis kain serat semi sintetis yang paling populer antara lain:

BACA ARTIKEL LAINNYA :  Ashoka 208

– Rayon
Bahan tekstil dari jenis kain semi sintetis ini direkayasa dari campuran bubur kayu dengan bahan sodium dan carbon. Jenis kain rayon dapat  juga memiliki nama kain viscose.

– Sutra Artifisial
Hampir mirip dengan rayon termasuk dari konsepnya, jenis kain ini menyerupai sutra asli.

– Serat Campuran
Termasuk diantaranya adalah polyester-cotton, cotton-lycra, acrylic-wool, dll.

Keuntungan Menggunakan Bahan Serat Alami

Pada dasarnya masing-masing bahan tekstil yang tersedia memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri. Bagi pegiat industri fashion, pemilihan bahan tekstil dan jenis kain bisa mengikuti dengan koleksi produk yang menajdi selera desain, hingga berbagai aspek dalam pengembangan produk.

Keuntungan Menggunakan Bahan Serat Alami
Keuntungan Menggunakan Bahan Serat Alami

Tidak dapat kita pungkiri, trend bahan tekstil makin condong pada jenis kain serat alami. Ini sejalan dengan trend sustainability dan eco-friendly yang semakin mendominasi berbagai industri, khususnya industri fashion. Dengan semakin pedulinya konsumen terhadap penggunaan bahan tekstil dan jenis kain , kain serat alami akan lebih favorit. Sifatnya yang ramah lingkungan, dari segi produksi maupun dari segi pembuatan, membuat pemilihan produk fashion lebih eco-conscious.

 

Anda Suka...Silakan Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *