memilih jasa internet

Memilih Penyedia Jasa Layanan Internet

Mencari Penyedia Jasa Layanan Internet

Semua orang pasti setuju bahwa Memilih Penyedia Jasa Layanan Internet menjadi salah satu kebutuhan esensial saat ini. Terlebih pandemi Covid-19 yang belum pulih telah merubah perilaku hidup warga negara Indonesia. Beberapa kegiatan yang awalnya dilakukan dengan tatap muka secara langsung, Saat ini lebih sering dilakukan secara jarak jauh. Kebutuhan jaringan internet saat ini sangat oleh seluruh elemen masyarakat. Saat ini masyarakat hampir tidak bisa terpisahkan dengan jaringan internet, karena sebagian besar aktivitas menggunakan sistem online atau jarak jauh yang membutuhkan sambungan internet. Penggunaan internet yang tadinya berpusat di perkantoran, kini lebih banyak digunakan di permukiman dan meningkat sekitar 30 hingga 40 persen. Memang sulit membayangkan jika pada kondisi seperti saat ini jaringan internet tidak tersedia tengah kehidupan masyarakat, baik sebagai interaksi satu dengan lainnya, berbisnis, edukasi, mengembangkan kemampuan diri, dan lain sebagainya.

Kenapa Memilih HostNet?

Berdasarkan data dari APJII atau Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menilai kebutuhan internet di Indonesia terus meningkat, dipicu pandemi COVID-19. APJII tidak menyebutkan secara gamblang berapa besar peningkatan kebutuhan internet dari tahun ke tahun. Tapi, sejak pandemi,  jumlah penyelenggara jasa internet (internet service provider) bertambah sekitar 200 perusahaan dalam dua tahun pandemi. Saat ini, jumlah penyelenggara jasa internet di Indonesia mencapai 700an perusahaan. APJII memperkirakan jika kebutuhan internet terus bertambah, dalam tiga tahun jumlah ISP di Indonesia bisa menyentuh angka 1.000. Permintaan internet sudah tidak lagi di kota besar, bahkan sampai ke desa-desa. Ini sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Urusan konektivitas digital di Indonesia menjadi pekerjaan rumah yang belum selesai. Pemerintah menargetkan bisa menuntaskan pembangunan infrastruktur telekomunikasi berupa menara seluler tahun ini.

BACA ARTIKEL LAINNYA :  Tune Up Mesin Kapal Nelayan

Referensi Penyedia Jasa Internet Dari Lupanapas

APJII menilai kondisi geografis dan jumlah penduduk yang sangat besar memberikan tantangan bagi penyelenggara jasa internet. Keadaan ini dengan situasi pandemi, yang memaksa orang harus terhubung ke internet untuk menyokong kegiatan sehari-hari, terutama dalam berbisnis. Konektivitas adalah tulang punggung, segala kegiatan harus pakai internet. Tanpa tulang punggung ini, kita tidak bisa produktif di era pandemi. Internet juga menjadi hal yang paling penting dalam mendukung cita-cita Indonesia menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar beberapa tahun lagi. Tanpa konektivitas, ekonomi digital tidak bisa berjalan seperti yang diharapkan. Survei internet APJII pada 2019-2020 menyebutkan pengguna internet di Indonesia mencapai 196,71 juta jiwa dari total jumlah penduduk 266,91 juta jiwa. Dengan kata lain, penetrasi internet di Indonesia sebesar 73,7 persen, meningkat membandingkan survei pada 2018 sebesar 64,8 persen. Pada periode survei tersebut, pengguna internet tumbuh 8,9 persen atau sejumlah 25.537.353,5 juta jiwa.

Harus Jeli Memilih Penyedia Internet

Dengan banyaknya perusahaan penyedia jasa internet, kita harus pintar memilih perusahaan penyedia layanan internet yang baik dan bonafit.

Tips memilih perusahaan penyedia jasa internet yang baik adalah seperti ini :

  • Perhatikan faktor lokasi.
  • Cek spesifikasi teknis seperti kecepatan dan kuota.
  • Memilih ISP yang mempunyai record layanan baik dan tim support 24 jam sehari merespon pelanggan dan segera mencari solusi saat terjadi gangguan.
  • Memiliki backbone.
BACA ARTIKEL LAINNYA :  Install Aplikasi SISTER Kemenristekdikti

Hal-Hal yang Harus menjadi perhatian sebelum Memilih ISP atau Penyedia Jasa Layanan Internet adalah

  • Ketahui perbedaan jenis-jenis servis internet
  • Ketersediaan Jaringan di Lokasi Anda
  • Fitur yang ditawarkan dan Fitur tambahan
  • Speed Download dan Upload yang ditawarkan
  • Syarat, Ketentuan, Biaya dan Kontrak
  • Customer Support.

Dari faktor-faktor diatas HostNET adalah salah satu penyedia layanan internet yang memiliki kelengkapan faktor tersebut.

HostNET Indonesia Technology

Memiliki coverage area yang luas di Kabupaten Brebes, Tegal, dan Purwokerto. Untuk Paket yang tersedia juga sangat bervariasi mulai dari Paket Dedicated, Corporate, Soho, Baby dan Junior dengan harga yang terjangkau dan sebanding dengan kualitasnya.  Masalah kecepatan, HostNET menjamin bahwa kecepatan tidak perlu ragu dengan kesetabilan koneksi. Untuk Speed Download dan Upload layanan HostNET memberikan jaminan 1:1 untuk paket Dedicated dan Corporate, 1:2 untuk paket Soho, 1:4 untuk Paket Junior dan 1:8 untuk paket baby. Jika anda mengalami masalah dan membutuhkan support, Customer Service HostNET siap melayani anda 24/7. Itulah Tips Memilih Penyedia Jasa Layanan Internet, Semoga bermanfaat dan kalian jangan sampai salah memilih Penyedia Jasa Layanan Internet.

Baca Juga : Gallerymobil Purwokerto

Anda Suka...Silakan Bagikan Artikel Ini

2 Replies to “Memilih Penyedia Jasa Layanan Internet”

  1. Betul kak, saya sudah 8 tahun menggunakan ISP Hostnet dirumah dan di kantor saya.Pekerjaan saya sebagai seorang system administrator dan juga seorang blogger yang membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Saya juga suka bermain game online yang tentunya membutuhkan latency yang kecil, Koneksi ISP Hostnet cepat dan Stabil. Sangat membantu aktifitas saya selama ini baik dalam pekerjaan saya maupun dalam hobby saya bermain game

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.