Cara Mudah Review Buku Fiksi

Cara Mudah Review Buku Fiksi

Cara Mudah Review Buku Fiksi

Cara Mudah Review Buku Fiksi
Cara Mudah Review Buku Fiksi

Pernahkah kamu bingung bagaimana menulis ulasan, review, maupun resensi sebuah buku? Nah, di Artikel ini Tara akan membahas apa saja yang bisa menjadi panduan kamu untuk menulis ulasan buku. Kamu dapat menulis review buku berdasarkan prompt dibawah ini:

1. Buku ini bercerita tentang apa?

Di sini kamu menceritakan keseluruhan buku dalam satu paragraf. Selanjutnya kamu dapat menuliskannya dengan kata-kata kamu sendiri atau dengan menuliskan sinopsis atau blurb yang sudah disediakan oleh buku tersebut. Ingat jangan spoiler ya.

2. Dari mana aku menemukan buku ini?

Pada bagian ini kamu dapat menceritakan dari mana kamu menemukan keberadaan buku. Kamu juga bisa ceritakan siapa yang memberitahumu tentang buku jika memang buku tersebut direkomendasikan ke kamu.

3. Pendapatku tentang buku ini?

Di sini kamu bisa langsung menuliskan pendapatmu tentang buku yang ingin diulas. Kamu bisa menceritakan mulai dari bagaimana ekspekstasi kamu sebelum membaca, apakah kamu nyaman membaca buku tersebut sampai akhir, hingga kesukaan dan ketidaksukaan kamu tentang alur dan perkembangan karakter dalam buku. Kemudian di bagian ini kamu dapat menceritakannya dengan maksimal tiga paragraf.

BACA ARTIKEL LAINNYA :  Kesuksesan Karena Taat

4. Siapa yang akan menyukai buku ini?

Pada bagian ini kamu dapat mendeskripsikan orang-orang seperti apa atau orang yang cenderung suka dengan topik apa saja yang akan suka dengan buku tersebut.

5. Buku yang berkaitan dengan buku ini. (jika ada)

Jika buku ini memiliki sequel atau merupakan sebuah trilogi kamu dapat menginfokannya di sini. Dan jika kamu sudah membaca buku tersebut kamu dapat memberitahu apakah kamu merekomendasikan buku tersebut atau tidak. Sekian daftar panduan menulis ulasan dari buku fiksi. Apakah kamu setuju dengan daftar panduan ini?

Sumber dari : LONTARA

Anda Suka...Silakan Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.