Puncak Gunung Merbabu

Bagikan

Puncak Merbabu 

Jangan terpaku dengan wisata yang mudah saja dan biasa – biasa saja karena sebelum mencoba untuk menikmati puncak gunung pasti anda tidak akan merasakan apa yang namanya berwisata sesungguhnya. Tentu saja untuk menuju kewisata seperti ini membutuhkan waktu, tenaga, daya tahan tubuh yang maksimal, dan perlengkapan yang cukup. Saya dengan rombongan teman mencoba menaklukan puncak gunung merbabu yang berada didaerah magelang. Perjalanan menuju puncak sangatlah lelah tapi semua itu hilang saat berada dipuncak merbabu ini.
Puncak Merbabu

Puncak Gunung Merbabu

Adalah gunung api yang bertipe Strato (lihat Gunung Berapi) yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Merbabu dikenal melalui naskah-naskah masa pra-Islam sebagai Gunung Damalung atau Gunung Pam(a)rihan. Di lerengnya pernah terdapat pertapaan terkenal dan pernah disinggahi oleh Bujangga Manik pada abad ke-15. Menurut etimologi, “merbabu” berasal dari gabungan kata “meru” (gunung) dan “abu” (abu). Nama ini baru muncul pada catatan-catatan Belanda. Gunung ini pernah meletus pada tahun 1560 dan 1797. Dilaporkan juga pada tahun 1570 pernah meletus, akan tetapi belum dilakukan konfirmasi dan penelitian lebih lanjut. Puncak gunung Merbabu berada pada ketinggian 3.145 meter di atas permukaan air laut. Gunung Merbabu mempunyai kawasan Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung.
Puncak Merbabu

 

Mungkin hanya sedikit yang dapat saya ceritakan namun begitu banyak yang saya rasakan saat menikmati Puncak Gunung Merbabu. Silahkan anda mencoba dan apabila ada kesalahan dalam penulisan mohon maaf kritik dan saran yang membangun wisata ini disediakan pada kolom komentar. Bagikan kepada para sahabat agar lebih mengenal tentang dunia wisata yang ada didunia ini.
, , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *