Candi Borobudur

Taman Candi Borobudur

Seperti biasa saya selalu memposting artikel disini memang hasil dari pengalaman pribadi berasma sahabat untuk mencari hiburan dalam waktu liburan. Saya membuat judul Taman Candi Borobudur karena saya mengambil gambar dari depan pintu masuk candi ini dan terdapat sebuah taman yang indah menuju candi. Untuk pembahasan Candi Borobudur simak saja dari artikel ini karena saya akan membahas dari Taman Candi Borobudur kemudian Borobudurnya sendiri. Dahulu jalan menuju ke Borobudur hanya jalan biasa dan cukup gersang oleh karena itu sekarang dihias oleh sebuah Taman yang indah agar lebih sejuk dan nyaman untuk dilewati. Banyak turis dalam negeri dan turis asing datang untuk menikmati liburan disini. 
Candi Borobudur

Candi Borobudur 

Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. onumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha. Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia. Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).
 
Candi Borobudur

Oleh seorang ilmuwan Borobudur belum terpecahkan aslinya itu berdiri pada tahun berapa karena terdapat hasil penelitian bahwa disekitar area Borobudur masih mengandung lumpur yang berarti bahwa borobudur dahulu kala merupakan sebuah rawa. Namun kepastian tersebut belum jelas apabila penulisan saya ini ada kekurangan mohon kritik dan saran pada kolom komentar yang tersedia. Bagikan agar para sahabat dan keluarga lebih mengenal tentang dunia wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *