Sinopsis One Piece

Bagikan
One Piece diciptakan oleh Eiichiro Oda. Komiknya dimulai pada 1997 di Shonen Jump terbitan Shueisha dan hingga kini masih terus berlanjut.
One piece itu sendiri bercerita tentang seorang Monkey D. Luffy, alias Luffy, seorang bajak laut yang berobsesi untuk menemukan One Piece, salah satu harta karun paling berharga yang ada di dunianya Luffy waktu itu. Setelah Luffy kecil diselamatkan oleh seorang bajak laut bernama Sanks, Luffy akhirnya bertekat untuk menjadi ‘the real’ bajak laut dengan cara berpetualang ke seluruh penjuru dunia dan menemukan One Piece. Di perjalanannya itulah Luffy menemukan berbagai petualangan seru bersama kapal Going Merry nya.

Monkey D. Luffy alias Luffy, adalah kapten dari Kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Kepala Luffy 300 juta berry setelah peristiwa di Enies Lobby. Ketika Luffy masih muda, dia secara tidak sengaja memakan Buah Iblis (di versi anime, dia memakannya asal-asalan dengan marah karena merajuk pada Shanks) yaitu Buah Gomu Gomu yang ia anggap adalah makanan penutup. Buah Gomu Gomu (Gomu berarti karet) adalah buah iblis yang menyebabkan tubuh pengguna menjadi melar kayak karet dan bisa memanjangkan anggota tubuhnya. Jadi Luffy itu mempunyai kekuatan kayak Mr. Funtastic di serial Fantastic 4
Berbeda dengan stereotype kebanyakan dari seorang Tokoh Utama, Luffy muncul malah dengan sifatnya yang sedikit bodoh dan ceroboh. Sebagai seorang bajak laut Luffy bisa dikatakan sangat awam karena tidak mengetahui apapun tentang kompas dan ilmu kelautan. Selain itu dia tidak bisa berenang karena memakan Buah Gomu Gomu. Ciri ciri dari Luffy adalah topi jerami di kepalanya, ia diberikan topi jerami oleh Shanks, bajak laut idolanya semasa ia masih kecil, sehingga kelak ia harus mengembalikannya jika bertemu lagi dilaut.
Roronoa Zorro adalah anggota bajak laut Topi Jerami yang bergabung bersama Luffy untuk yang pertama kali. Seorang ahli pedang,menggunakan gaya bertarung santoryuu (3 pedang) dan bercita-cita menjadi ahli pedang terkuat di dunia. Zoro ketika masih kecil menggunakan dua pedang dan bisa mengalahkan orang dewasa. Satu-satunya orang yang tidak bisa dikalahkan Zoro adalah Kuina, anak gadis gurunya. Zoro dikalahkan Kuina sampai 1000 kali, sampai akhirnya Zoro menantang Kuina untuk bertanding pedang sungguhan. Zoro kemudian kalah dan menangis. Setelah itu Kuina memberitahu Zoro kalau pada akhirnya wanita-lah yang akan lemah disaat mereka menjadi dewasa, kelak dia akan dikalahkan Zoro. Esok paginya, Kuina meninggal karena jatuh dari tangga rumahnya. Zoro marah dan menganggap kalau Kuna ingkari perjanjian tersebut. Pada akhirnya Zoro meminta pedang Kuina dan berjanji untuk meneruskan cita-citanya. Pedang milik Kuina adalah yang ada di mulutnya. Karena dia tidak punya “tangan ketiga”, Zoro menggunakan mulut untuk membawa pedang ketiganya ketika bertarung
Zoro diselamatkan oleh Luffy ketika akan dieksekusi oleh Morgan. Zoro akhirnya bergabung dengan Luffy dan berkedudukan sebagai pendekar pedang. Zoro masuk daftar buruan dengan harga 60 juta berry dengan julukan Zoro si pemburu perompak. Sayangnya dari semua anggota Topi Jerami, Zorro termasuk salah satu anggota yang sedikit lemot dan selalu tidur sepanjang waktu.
Usopp sebagai orang ketiga yang bergabung dalam bajak laut Topi Jerami adalah penembak ulung yang paling pengecut dan selalu menghindari pertempuran dan hidung panjangnya mungkin terinspirasi dari pinokio. Sifat Usopp yang lain juga dia sangat penakut, atau itulah yang ia pikir. Keahliannya yang terhebat adalah berlari sangat cepat. Amunisi dari ketapelnya sangat beragam, seperti telur busuk, bahan peledak, bom asap dan peluru normalnya, pachinko . Usopp juga orang yang terampil, di kapalnya dia membuat ruangan bernama pabrik Usopp. Usopp juga yang paling menyayangi Going Merry dan memperbaikinya.
Anggota keempat Topi Jerami adalah Sanji. Ia adalah koki yang memiliki keahlian memasak yang luar biasa dan petarung andal dalam kelompok tersebut. Awalnya Snaji menolak menjadi anggota Topi Jerami, ia ingin mewujudkan cita2 nya sebagai koki yang handal. Ia adalah tipe pria yang sangat tergila-gila pada wanita, Penamilannya cukup tampan dengan rambut blonde nya yang straight dan pendek serta alis lucunya yang berbentuk melingkar. Ia seorang perokok berat. Sangat mengutamakan penampilan yang terlihat keren, bahkan saat datang menyelamatkan rekannya ia akan berpose dulu. Dia pernah menginginkan buah setan yang bisa membuatnya menghilang agar dia bisa mengintip wanita-wanita yang sedang mandi tanpa ketahuan , akan tetapi setelah dia tahu bahwa buah tersebut sudah dikonsumsi oleh Absalom , hal itu Sanji jadikan sebagai Dendam pribadi. Terlebih Lagi Setelah tau bahwa absalom pernah memakai kekuatan buah itu untuk mengintip Nami. Sanji menguasai jurus tendangan dan sangat mengandalkan kakinya.
Nami adalah navigator dari Bajak Laut Topi Jerami dan merupakan kru kelima (sebenarnya dia bergabung menjadi kru ketiga tapi melarikan diri dan bergabung lagi sebagai kru kelima) yang bergabung. Dalam pelayaran, Nami-lah yang memimpin, mengatur, dan membagi harta kepada kru Topi Jerami, bukan Luffy, sang kapten. Nami memiliki masa lalu yang kelam dan sampai sekarang belum diketahui orang tua asli Nami dan saat Nami masih bayi dia sudah dirawat oleh angkatan laut yang bernama Belle-Mere.
Nami kemungkinan adalah yang tercerdas di kelompok ini, dan saingannya hanya Nico Robin yang lebih suka diam. Sebagai navigator, Nami-lah yang sering menyelamatkan kapal dari dahsyatnya lautan Grand Line. Nami (dan juga Usopp) menganggap kalau dirinya yang paling lemah di kelompok dan selalu minta dilindungi atau menghindari pertarungan. Nami adalah anggota yang paling sering mengumbar amarah dan memukul sampai pingsan sahabatnya karena kelakuan mereka yang aneh. Juga melakukan hal yang sama kepada kru lain seperti marah karena Zoro yang selalu tidur. Nami langsung semangat jika mendengar kata harta dan uang dan rela melakukan apapun seperti menipu sahabatnya. Dia juga punya obsesi yang berlebihan terhadap fashion dan hanya dia yang paling sering ganti pakaian di dalam satu cerita. Tato di pundak Nami yang sekarang adalah kincir angin dan jeruk. Yang melambangkan kedua “orang tua” nya Belle-Mere dan Genzo.
Mimpi Nami adalah menggambar peta dunia dan dia percaya berlayar bersama Luffy akan dapat meraih impiannya itu.
Tony Tony Chopper adalah seorang dokter dalam kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Ia adalah anggota ke-6 yang bergabung ke dalam kelompok tersebut. Chopper dilahirkan sebagai seekor rusa kutub aneh yang berhidung biru. Ia sangat diasingkan oleh kelompok rusa kutub lainnya. Suatu hari ia memakan buah iblis tipe Hito Hito. Ia kemudian dapat berbicara dan berpikir seperti layaknya manusia, dan pada akhirnya dia dibuang oleh orang tuanya. Dia ingin bergabung dengan manusia-manusia. Akan tetapi, karena wujud manusianya yang seperti monster, ia juga ditolak oleh mereka. Pada akhirnya dia dijuluki monster salju oleh penduduk dan kemudian ditembaki oleh penduduk. Ia sangat penakut sama seperti Nami dan Usopp. Ia juga mudah percaya akan cerita-cerita bualan Usopp, walaupun sebenarnya ia sangatlah kuat.
Chopper merupakan salah satu petarung andalan dalam kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Ia petarung yang mengandalkan perubahan wujudnya. Sebagai pemilik kekuatan Buah Iblis tipe Zoan, awalnya ia hanya mempunya tiga wujud saja. Pertama Heavy Point, ini adalah bentuk manusianya. Banyak yang menyangkanya sebagai Gorilla jika ia dalam bentuk ini. Kedua wujud binatang, ini adalah bentuk aslinya yang berupa Rusa Kutub. Lalu bentuk manusia binatangnya, ini adalah wujud yang sering dipakainya. banyak yang menyangka kalau ia adalah seorang cerpelai jika dalam bentuk ini. Lalu ada brain point yang membuatnya tidak dapat mengendalikan perubahan wujudnya. ia berubah menjadi monster yang tidak dapat membedakan antara teman dan musuh.
Anggota ke 7 adalah Nico Robin, seorang ahli arkeolog dan sejarah. Robin adalah anak yatim piatu yang lahir di Ohara, ibunya, Nico Olvia pergi untuk penelitian ketika dia masih kecil. Selama ini sampai umurnya 8 tahun dia dirawat semena-semena oleh bibinya, Roji. Robin selalu mengerjakan tugas rumah tangga di rumah Roji, juga dengan jatah makan sedikit. Robin dijauhi oleh teman sebayanya karena dia memiliki kekuatan buah iblis. Dia dijuluki “gadis monster”. Temannya hanyalah buku yang ia pinjam dari perpustakaan Pohon Pengetahuan. Dia juga bergaul dengan para peneliti sejarah di Ohara dan akrab dengan mereka. Pada suatu hari, Robin diangkat menjadi salah satu dari mereka, tetapi setelah mengetahui kalau Robin dapat membaca sejarah kuno Poneglyph, mereka memperingatkan Robin agar tidak sampai berhubungan dengan Poneglyph.
Suatu ketika desa Robin diluluh lantahkan, Setelah itu, Robin menjadi seorang buronan berharga 79.000.000 Berry karena dia seorang iblis terakhir dari Ohara, anak yang dapat membaca sejarah kuno Poneglyph. Karena tidak bisa menyebutkan kejahatan yang dilakukan Nico Robin, pemerintah mencantumkan alasan kalau Robin telah meledakkan 6 kapal angkatan laut.
Robin adalah wanita yang sangat cerdas, dia selalu diam dan membaca buku dari pada kru-kru lainnya yang sangat banyak tingkah.. Dia berteman dekat dengan Nami dikapal dan sering mengajarinya sesuatu. Robin akan sangat cocok jika bepergian bersama Chopper karena hobi mereka yang sama, yaitu membaca Buku. Robin juga digambarkan sebagai pemilik “sisi gelap”, karena bayang-bayang masa lalunya yang tidak memiliki teman. Masa lalunya itu sendiri adalah sesuatu yang paling ditakutinya, Robin sangat ahli dalam hal Arkeologi, Sejarah, Geologi serta Bahasa Kuno. Robin adalah pemilik kekuatan buah iblis Hana Hana dan dia memakannya pada waktu kecil. Kekuatannya adalah membuatnya mengembangkan anggota tubuhnya layaknya bunga (hana). Membuatnya berperan sebagai penyerang jarak jauh yang handal. Robin juga malas bergerak dalam sebuah pertarungan, mempermainkan musuhnya dengan serangan-serangan jarak jauh seperti mematahkan tulang lengan, kaki atau jari (jurus seis fleur, clutch). Kelemahan dari kekuatan ini yaitu Robin juga ikut merasakan “sakit” jika anggota tubuh yang disebarnya juga menerima
Franky adalah anggota ke 8 Topi Jerami, sebelumnya ia pemimpin dari kelompok pembongkar kapal Keluarga Franky. Franky adalah cyborg yang konyol dan bodoh. Franky selalu melakukan pose-pose yang aneh ketika akan beraksi. Franky juga pemarah dan akan serius jika masalah yang ditanggapinya serius. Dia juga gampang menangis walaupun mungkin itu adalah salah satu kelakuan konyolnya. Penampilan Franky merupakan parodi Ace Ventura, dari jaket Hawaii-nya sampai rambutnya. Dia hanya menggunakan celana dalam pantai dan pakaian hawaii. Impian Franky adalah membuat kapal terhebat di dunia yang kelak akan mengarungi lautan luas. Mimpi inilah yang membuat dia dimungkinkan akan menjadi tukang kayu kapal kelompok bajak laut topi jerami. Franky membantu anggota topi jerami untuk meloloskan diri dari Ennies Lobby. Pada akhir cerita di Water 7, Franky bergabung ke anggota Luffy sebagai tukang kayu / reparasi kapal
Anggota terakhir Topi Jerami adalah Brook. Brook berposisi sebagai musisi. Sebagaimana dengan tokoh-tokoh lain dalam manga One Piece, Brook memiliki tawa yang unik karena tidak memiliki rahang, wujudnya adalah tengkorak. Brook dalam pertarungan menggunakan pedang yang tersembunyi dalam tongkatnya untuk mengalahkan lawannya. Dengan memainkan musik, Brook juga dapat membuat musuh tertidur. Karena tinggal tulang, tubuh Brook sangatlah ringan. Dia bisa melompat sangat amat tinggi dan berlari di atas air. Sebelum bertemu dengan kelompok bajak laut topi jerami, Brook telah berkelana dalam area segitiga Florian yang disebabkan bayangan yang dimilikinya diambil oleh Gecko Moria. Brook bertemu dengan kelompok bajak laut topi jerami. Dengan bantuan kelompok bajak laut topi jerami, khususnya Roronoa Zoro, Brook berhasil mendapatkan kembali bayangannya dari zombi samurai Ryuuma.
Anggota Angkatan Laut (One Piece)
Berikut adalah daftar anggota Angkatan Laut
Dmiral Tinggi
Fleet Admiral / Gensui
Pemimpin Angkatan Laut dan pimpinan tertinggi di Markas Besar Angkatan Laut Grand Line.
Sengoku
Admiral Tinggi Sengoku, pemimpin tertinggi di badan Angkatan Laut, pertama kali muncul pada cerita 234:Ingat Baik Baik, (volume 25). Sengoku sudah kelihatan sangat bijak, tetapi tegas. Sampai saat ini kekuatannya belum diketahui, dia cukup berani untuk “meledek” anggota Shichibukai dan layaknya Smoker, dia sangat membenci Shichibukai. Sengoku muncul untuk menghadiri rapat bersama Shichibukai di Marie Joa. Sengoku adalah salah satu dari 4 pemegang kekuasaan untuk melaksanakan Buster Call. Sengoku adalah seseorang yang memegang prinsip “Keadilan Absolut”.
Sengoku muncul kembali di cerita masa lalu Robin, dimana Laksamana Madya Saulo dipanggil untuk menjadi salah satu pemimpin Buster Call, Saulo lantas menolaknya karena Buster Call adalah tindakan di luar kemanusiaan. Saulo melarikan diri dan berbalik menjadi “penjahat” bersama Nico Olivia. Di saat itu, Sengoku muda punya rambut afro. Dia menyerahkan kekuasaan Buster Call-nya kepada Spandine, pemimpin CP9 dahulu untuk menyerbu Ohara.
Sengoku mempunyai seekor kambing gunung yang selalu mengikutinya, juga sewaktu 20 tahun yang lalu. Sengoku dan Kambing itu diperkirakan punya kekuatan khusus, semacam tekhnik Rokushiki ataupun Buah Iblis karena beberapa anak buahnya juga memilikinya. Nama Sengoku disebutkan oleh Shirohige sebagai salah satu orang yang mengenal lautan.
Nama sengoku juga berarti nama sebuah era di zaman sejarah Jepang.
Admiral
Taishou /Admiral
Pangkat tertinggi kedua di Angkatan Laut. Hanya ada 3 orang yang menjabat pangkat ini. Ketiga orang ini dijuluki 3 kekuatan besar Angkatan Laut. Nama dari 3 orang ini adalah nama julukan, yaitu Aokiji (kuau biru), Akainu (anjing merah) dan Kizaru (monyet kuning). Uniknya, kuau, anjing dan monyet adalah 3 binatang yang menyertai petualangan Momotaro pada cerita dongeng Jepang Momotaro.
Aokiji
Aokiji (berarti Kuau Biru) adalah satu satunya Admiral yang mempengaruhi plot utama cerita ini, dia memiliki kekuatan buah iblis Hie Hie, yang menjadikannya seorang manusia es. Dia terlalu cuek dan tidak tegas untuk ukuran seorang Admiral. Aokiji adalah pemegang prinsip keadilan diri, walaupun ketika bertarung melawan Saulo dia tidak mau menjawab prinsipnya, terlihat ketika dia tidak membunuh Luffy karena merasa punya hutang. Juga ketika dia melepaskan Robin 20 tahun yang lalu, karena dia bersahabat dengan Saulo.
Artikel Utama: Aokiji.
Akainu
Akainu (berarti anjing merah), belum memiliki kemunculan yang berarti di dalam cerita ini. Akainu hanya muncul pada kisah masa lalu Robin, 20 tahun yang lalu dimana dia masih menjabat sebagai Laksamana Madya Sakazuki (nama aslinya), dia adalah salah seorang pemimpin serangan ini. Akainu adalah pemegang teguh keadilan absolut, terlihat ketika dia meledakkan kapal evakuasi penduduk sipil, hanya dengan alasan “kalau ada satu sarjana di kapal itu, semua pengorbanan yang kita lakukan akan sia-sia. Kita harus mencegah bibit iblis sekecil apapun”.
Kizaru
Kizaru (berarti monyet kuning), Nama asli Borsalino. Dia memiliki kekuatan seperti tendangan secepat kecepatan cahaya. Dishanbody archipilago dia diperintahkan sengoku untuk menangkap para pengacau dipulau tersebut.sama seperti aokiji,pembawaannya kalem sekali walau cenderung terlihat angkuh saat berhadapan dengan eleven supernova alias bajak laut pemula yang memliki nilai buruan di atas 100 juta berry.
dalam sebuah pertarungan terlihat tubuh kizaru hancur akibat ledakan dari para bjak laut,
namun beberapa saat kemudian tubuhnya menyatu kembali seperti cairan,dalam cerita juga di ungkapkan bahwa jurusnya adalah kilatan cahaya atau laser yang di pakai oleh bartolomew kuma, jadi dengan kata lain kizaru memiliki buah iblis jenis logia Pika Pika.
Laksamana Madya
Vice Admiral/Chuujo
Monkey D. Garp
Laksamana Madya Garp, adalah Laksamana Madya legendaris yang telah memojokkan Gold Roger berkali-kali di laut. Garp dijuluki sebagai Garp sang Tinju besi karena tinjunya sangat kuat sehingga dapat melontarkan meriam sekalipun. Garp diketahui sebagai kakek Luffy, dengan nama marga sama (Monkey) dan sebagai salah seorang penyandang nama D. . Garp pertama muncul di cerita halaman depan buku harian CobyMeppo (juga difilmkan) dimana dia yang akan menerima pemindahan tahanan (Kapten Morgan) terakhir. Garp bertemu Coby dan Helmeppo (yang pangkatnya kacung) yang ada di kapal tahanan, ketika itu, Morgan berusaha melarikan diri dan menghujamkan kapak ke tubuh Garp. Garp kemudian bangun beberapa saat kemudian ketika Coby akan menyelamtkan Helmeppo dengan menembakkan meriam, Garp mencegahnya dengan meninju meriam sampai bengkok. Ketika ditanya kenapa dia bisa terbangun, dia hanya menjawab “Ketika diserang tadi aku tertidur”.
Garp muncul kembali di Water 7, setelah diperintah Sengoku untuk menyerang Kelompok Bajak Laut Topi Jerami yang sedang menunggu Log ke pulau berikutnya. Garp langsung meninju Luffy, Luffy kaget dan berteriakk “Kakek !!”, dan semua anggota di situ berteriak heran. Garp tidak menyerang Luffy karena dia adalah cucunya sendiri, dan dia menetap sebentar untuk bercerita bersama Luffy, termasuk tentang keberadaan 4 kaisar dan kenyataan tentang ayah Luffy, Monkey D. Dragon. Setelah permisi kepada Luffy, dia kemudian meninggalkan Water 7. Tetapi ketika kru meninggalkan Water 7, mereka diserang Garp dengan menembakkan tinju meriam, kelihatanya Garp ketahuan oleh Sengoku dan Aokiji kalau mereka adalah cucu dan kakek.
Garp melatih Luffy dan Ace sejak kecil dengan keras, seperti menjatuhkan mereka ke dalam jurang, meninggalkan mereka di hutan tengah malam dan mengikatnya dengan balon sehingga mereka terbang ke atas semata-mata untuk menjadi seorang pelaut yang hebat. Mengejutkannya, mereka berdua malah menjadi bajak laut, bahkan terkenal. Garp juga kelihatannya bersahabat dengan Woop Slap, kepala desa dimana Luffy tinggal. Dia memiliki sifat sama parahnya dengan keluarganya yang lain, terutama Luffy, misalnya tertidur di waktu yang tidak tepat, mengupil dan mengucapkan hal penting seenaknya sendiri. Dia juga pernah mencoba “beraksi”, ketika pertama masuk ke Gedung Galley-La Company dengan meninju tembok, dia berkata itu keren, da pada akhirnya dia sendiri yang menambal temboknya nanti. Menurut Shirohige, dia adalah salah satu orang yang masih mengenal “lautan”. Di Angkatan Laut, dia adalah pemimpin dari markas cabang G-3 Grand Line, dan dia memiliki tema hewan anjing, seperti yang terlihat pada tudung kepalanya.
John Giant
Laksamana Madya John Giant, laksamana madya ini berada di Markas Besar Angkatan Laut. Pemimpin rapat tentang harga buronan pertama Luffy (cerita 96:Penjahat Besar dari Timur) ini saat itu namanya belum diketahui. John Giant adalah seseorang bertubuh besar, dengan berbagai lencana di bajunya. Dia adalah orang yang pertama kali meneriakkan tentang keadilan absolut:
Siapa pun yang ingin melarikan diri segera keluar dari tempat ini, dalam benteng perdamaian di era bajak laut ini tidak ada ruang bagi yang lemah. Kelemahan bukanlah dosa bagi rakyat jelata, disinilah tempat keadilan berada. Kita angkatan laut, harus membasmi iblis di lautan dengan sekuat tenaga, ATAS NAMA KEADILAN ABSOLUT !!!
John Giant muncul kembali ketika Buster Call diaktifkan di Enies Lobby, dia menerima sinyalnya di markas besar dan memerintahkan untuk memanggil 5 wakil admiral di pulau terdekat untuk memimpin serangan.
Nama dan pangkatnya terkuak di salah satu Databook One Piece, yaitu Blue Databook.
Tsuru
Laksamana Madya Tsuru, dikenal dengan julukan Tsuru sang taktisi handal adalah laksamana madya wanita yang sudah tua. Dia muncul ketika rapat besar dengan Shichibukai bersama Sengoku. Dia kelihatannya sangat akrab dengan Sengoku dan para Shichibukai lainnya. Dia juga memiliki pengetahuan luas tentang dunia, misalnya ketika dia mengenal Laffite sebagai penjahat di West Blue. Tsuru belum memunculkan kekuatannya, tetapi dia sudah dijuluki sang taktisi handal. Sepertinya dia pemegang prinsip keadilan absolut.
Eiichiro Oda menyukai memberikan nama tokoh wanita dengan nama burung, disini tsuru berarti burung bangau.
Comir
Laksamana Madya Comir, adalah pemimpin di markas cabang G-8 Grand Line, dia muncul pada cerita halaman depan petualangan Ace mencari Kurohige. Comir saat itu sedang rapat membicarakan agen intelijen bersama para perwiranya (diantaranya ada Ace yang sedang menyamar), disana rapatnya terganggu oleh kehadiran “kopi pahit”. Kemudian ketika Ace ketahuan olehnya, Ace segera menyerahkan surat dari gadis desa pemerah sapi yang menyelamatkannya kepada Comir. Setelah tahu kalau gadis itu adalah putri dari koki yang bekerja di situ, Comir memerintahkan koki itu untuk pergi ke sana sambil menstock susu. Rapatnya berlanjut dengan kopi susu yang manis sebagai penyemangatnya.
Jaguar D. Saulo
Laksamana Madya Saulo, adalah seorang raksasa (dia mengatakan kalau dia bukan dari Elbaf layaknya Dorey atau Burogy) yang menjadi sahabat Nico Robin di Ohara 20 tahun yang lalu. Dia menjadi seorang desertir dari Angkatan Laut karena tidak setuju atas tindakan Buster Call, kemudian lari sambil menyelamatkan tawanan mereka, Nico Olvia.
[Riwayat
Saulo adalah pemegang penuh keadilan moril, sejak awal dia sudah meragukan tindakan angkatan laut dan pemerintah. Dia adalah orang yang meledakkan kapal penelitian sarjana dari Ohara dan berhasil menangkap Nico Olivia, ibu Robin. Saat itu Saulo juga masih meragukan tindakannya benar atau salah. Dia juga sangat tertarik dengan abad kekosongan atau sejarah 100 tahun yang hilang, sama seperti sarjana Ohara.
Pada suatu hari, dia dipanggil oleh Sengoku untuk menjadi salah satu pemimpin Buster Call (BC) ke Ohara. Saulo tidak setuju karena tindakan itu sangat tidak rasional, karena membunuh orang tanpa alasan, apalagi kali ini targetnya adalah para sarjana yang ingin menggali ilmu. Kemudian Sengoku membentaknya dengan tegas. Saulo sudah merasa jalan hidupnya salah, sehingga dia membawa Olivia yang menjadi sandera dan mereka berdua kabur dari markas. Akhirnya Saulo terdampar di pulau yang tidak disangkanya, Ohara. Disana dia ditolong oleh Nico Robin kecil dan mereka bisa akrab. Saulo mengajari Robin tentang kebahagiaan bila tertawa, ini juga pertama kalinya Robin mendapatkan seorang teman. Setelah mengetahui kalau Robin adalah putri Olivia sekaligus kalau pulau itu adalah Ohara, dia segera menyuruh Robin lari karena akan dilakukan BC. Saulo kemudian muncul disaat genting BC ketika Robin tidak mau meninggalkan ibunya, Olivia kemudian memohon pada Saulo untuk menjaga dan menyelamatkan Robin dari BC. Saulo berlari menuju pantai dimana ada rakit yang baru dibuatnya. Di tengah perjalanan, Saulo tertembak oleh meriam dari kapal BC. Saulo mengamuk dan menghancurkan kapal-kapal BC di pantai, disaat itu, muncul laksamana madya Kuzan (atau sekarang Aokiji). Sebelum bertarung, Saulo menanyakan pada Kuzan apakah BC itu tindakan yang benar, Kuzan tidak peduli dan menyerang Saulo, membekukannya dengan kekuatan buah iblis. Sebelum tubuhnya benar-benar membeku, Saulo meninggalkan pesan terakhirnya pada Robin:
Dengar baik-baik Robin, mungkin sekarang kau memang sendirian… Tapi kelak, kau akan bertemu teman. Laut sangat luas, kau pasti akan bertemu teman-teman yang akan melindungimu, tidak ada seorang pun yang dilahirkan sendirian. Lari Robin, jangan menoleh ke belakang, bukankah sudah kuajarkan? Di saat sedih, kau harus tertawa !! Dereshishishishi, mereka sedang menunggumu di laut sana,pergi dan temui teman-temanmu Robin !!
Saulo kemudian membeku dengan tawa di wajahnya, Robin berlari menjauh sambil menangis.
Kematian Saulo masih diperdebatkan, karena Saulo sendiri adalah sahabat Kuzan. Juga jurus yang dilakukan Kuzan saat itu adalah Ice Time Capsule, berbeda dengan jurus Kuzan ketika membekukan musuh lain (seperti Luffy) yaitu Ice Time. Disini ada istilah “Time Capsule” (kapsul waktu) yang dalam penggunaannya merujuk pada sesuatu yang dapat menyimpan benda sehingga tetap utuh walaupun harus melintasi waktu panjang.
Beberapa karakter di One Piece punya tawa yang aneh, untuk Saulo tawanya adalah “dereshi” (contoh:”Dereshishishishi !!”)
Doberman
Laksamana Madya Doberman, adalah salah satu dari 5 Laksamana Madya yang memimpin penyerangan Buster Call di Enies Lobby. Dia adalah yang diberi kemunculan paling berarti, dan menceritakan masa lalu dari Rob Lucci. Doberman memiliki banyak bekas luka di mukanya dalam bentuk X, dan sebelum diberitahukan namanya, para fans menamakannya Scarface (goresan di muka).
Yamakaji
Laksamana Madya Yamakaji, adalah salah satu dari 5 Laksamana Madya yang memimpin penyerangan Buster Call di Enies Lobby. Diantara 5 orang ini, Yamakaji adalah satu-satunya yang terlihat selalu tersenyum. Dia tidak diberikan dialog dalam cerita ini.
Strawberry
Laksamana Madya Strawberry, adalah salah satu dari 5 Laksamana Madya yang memimpin penyerangan Buster Call di Enies Lobby. Barisan kapal Strawberry tiba di depan Enies Lobby dan berusaha untuk mengevakuasi prajurit pemerintah yang ada di pulau. Setelah berhasil mengevakuasi seluruhnya, Strawberry kemudian menembak Oimoo, Karsee, dan yang lainnya yang berusaha melarikan diri.
Onigumo
Laksamana Madya Onigumo, adalah salah satu dari 5 Laksamana Madya yang memimpin penyerangan Buster Call di Enies Lobby. Onigumo adalah orang yang sangat dingin, dia memerintahkan 3 kapal untuk menghancurkan satu kapal dimana diatasnya ada Luffy dan 1000 pelaut lain, hanya untuk membunuh Luffy. Ketika salah satu opsirnya keberatan atas penembakan itu, Onigumo langsung menembak opsir tersebut.
Momonga
Laksamana Madya Momonga. adalah salah satu dari 5 Laksamana Madya yang memimpin penyerangan Buster Call di Enies Lobby. Dia adalah orang diam yang memiliki rambut Mohawk, sepanjang cerita dia hanya berkata “Terima Kasih”, ketika salah satu opsirnya melapor.
Admiral Muda
Rear Admiral/Shoushou
Pangkat senior di Angkatan Laut dan belum ada tokoh berpangkat ini yang muncul dalam cerita ini.
Komodor
Commodore/Junshou
Senior dari kapten di Angkatan Laut.
Purin Purin
Komodor Purin Purin, adalah Komodor dari markas cabang 77, yang dikirim langsung oleh pemerintah untuk menyelamatkan penduduk desa Gosa dan desa Kokoyashi, tetapi tujuannya berubah setelah melihat Arlong Park dan berniat untuk menghancurkannya. Anggota Kelompok Arlong kemudian menghancurkan kapalnya dan kapalnya ditelan oleh pusaran air. Purin Purin adalah orang yang menyombongkan kedudukannya sebagai komodor, sebelum ia ditembak oleh peluru air Chuu.
Komodor Purin Purin biasanya diartikan sebagai Komodor Pudding Pudding, karena purin adalah bahasa Jepang untuk pudding.
Smoker
Komodor Smoker, atau dahulu dikenal sebagai Kapten Smoker sebelum memperoleh promosi pangkat adalah Komodor dari markas angkatan laut di *Loguetown, dia mengambil banyak peran di cerita ini. Smoker, sesuai namanya, adalah perokok berat, dan menghisap 2 cerutu sekaligus di mulutnya, dia juga memiliki imej sebagai orang yang menyeramkan. Smoker dijuluki sebagai Sang Pemburu Putih, karena kekuatan buah iblisnya , Moku Moku (moku=kabut) yang membuat tubuhnya berubah menjadi asap. Smoker memiliki rasa keadilan kuat dalam tubuhnya, dan melawan semua doktrin Angkatan Laut yang mengajarkan Keadilan Absolut. Sejak kegagalannya menangkap Kelompok Bajak Laut Topi Jerami di Loguetown, dia bersumpah akan terus mengejar kelompok ini. Smoker selalu didampingi oleh Sersan Mayor Tashigi (sekarang Letnan).
Riwayat
Smoker masuk ke Angkatan Laut satu angkatan dengan Hina (sekarang Kapten), dan Hina selalu membantu Smoker jika ia akan dikeluarkan dari angkatan laut. Smoker juga menyaksikan eksekusi Gold Roger.
Smoker ditugaskan di markas Loguetown, sampai akhirnya Kelompok Bajak Laut Topi Jerami datang dan dia tidak berhasil menangkapnya karena campur tangan sang revolusioner, Dragon. Smoker kemudian mengejar Luffy dan berhasil bertemu dengannya di Arabasta, kota Nanohana sekali lagi dia tidak berhasil menangkap Luffy karena campur tangan Portgas D. Ace. Smoker bertemu kembali dengan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami di Rainbase, dan mereka sama-sama terjebak oleh Crocodile, ketika berhasil kabur, Smoker ditolong oleh Zoro karena memang tidak bisa berenang. Setelah dia sadar kalau dia ditolong oleh bajak laut yang sedang ia kejar, ia kemudian membiarkan mereka lolos terlebih dahulu. Smoker menyerahkan keamanan di Arabasta kepada Tashigi, sedangkan dia sendiri pergi meninggalkan pulau. Di saat Tashigi sedang berusaha mencari dalang di balik pemberontakan di negara itu, Smoker bertemu teman lamanya, Kapten Hina yang sedang bertugas di laut, dan ternyata Smoker berhasil meringkus kapal milik Baroque Works. Setelah kehancuran Baroque Works, Smoker mendapat panggilan yang memberitahukan kalau dia dan Tashigi diberi promosi kenaikan pangkat dan penghargaan atas jasanya telah mengalahkan Crocodile. Smoker yang merasa tidak melakukannya marah (yang melakukannya adalah Kelompok Bajak Laut Topi Jerami, pihak pemerintah sengaja menutupinya) dan berkata
Kami yang mengalahkan Crocodile? Justru anak buahku menangis karena tidak bisa melakukannya… hei, tolong sampaikan ini pada para kakek pemimpin pemerintahan dunia itu, MAKAN SAJA PENGHARGAAN ITU SENDIRI !!
Pada akhir kisah Arabasta, Smoker memutuskan untuk terus mengejar Kelompok Bajak Topi Jerami. Smoker muncul kembali setelah tragedi di Enies Lobby, ketika mengetahui kalau Kelompok Bajak Laut Topi Jerami memperoleh harga yang tinggi, dia bersumpah akan memojokan mereka di New World.
White Out: Smoker mengubah tangannya menjadi asap dan mencengkeram banyak target.
White Blow: Smoker meninju target dengan tangan yang menjadi asap.
White Snake: Smoker mengubah tangannya menjadi asap, tetapi berbentuk seperti ular.
White Bind: Smoker berubah menjadi asap dan menyekap musuh.
Kapten
Captain/Taisa
Morgan
Kapten Morgan, adalah kapten diktator dari markas cabang angkatan laut di Shell Town. Dia memegang kuasa dengan semena-mena di pulau itu sebagai pemimpin dari markas cabang. Morgan juga menarik upeti dari warga, dan dia sangat marah jika tidak dihormati. Lengan kanan Morgan telah diganti dengan kapak besar, sehingga dia dijuluki Morgan si lengan kapak. Morgan adalah salah satu dari angkatan laut yang gila pangkat, memiliki pemahaman kalau pangkat adalah segalanya, penganut doktrin Keadilan Absolut.
Riwayat
Morgan, 3 tahun yang lalu saat pangkatnya masih Sersan, dia ditugaskan untuk memimpin penyerangan terhadap Kelompok Bajak Laut Kuroneko, (Kapten Kuro). Tetapi dengan cepat, seluruh pasukannya dikalahkan oleh Kuro sendirian. Morgan saat itu masih hidup, dan kemudian dia dijadikan objek untuk rencana besar Kuro. Morgan dihipnotis oleh Jango, yang membuat dirinya mengaku kalau Morgan yang menangkap kapten Kuro, sedangkan anggota Kuro, Nugire Yainu dihipnotis agar dia mengaku menjadi kapten Kuro. Sehingga Morgan kembali ke pangkalan sambil membawa Kapten Kuro palsu (ini sebabnya Kuro dinyatakan sudah tewas), setelah kejadian itu, Morgan dipromosikan menjadi Kapten.
Morgan ditempatkan sebagai pemimpin markas cabang di Shell Town, disana dia memerintah dengan semena-mena, sampai akhirnyna Luffy datang ke pulau itu. Luffy datang untuk menyelamatkan Zoro di pangkalannya, membuat Morgan sangat marah (ditambah lagi Luffy menghancurkan patung Morgan), akhirnya Luffy menghadapi Morgan dengan mudah, karena diganggu oleh Helmeppo, Morgan jatuh ditebas oleh Zoro. Karena kekuasaan semena-mena Morgan sudah jatuh, para anak buahnya menangkap Morgan dan menjebloskannya ke penjara.
Laksamana Madya Garp, adalah perwira yang mengurusi pemindahan tawanan Morgan, disaat Morgan akan dibawa ke kapalnya, dia memberontak dan berhasil menebas Garp, kemudian Morgan kabur dengan kapal kecil. Sekarang nasib Morgan tidak jelas, Morgan muncul sebagai cameo di cerita halaman depan Jango, dia sedang tidur siang di kapalnya dan melintasi Jango yang sama-sama sedang tidur siang.
Pada rancangan awal One Piece, Morgan pertama kali diberi nama Kapten Chop dan digambar seperti Helmeppo.
Pada dagu Morgan, yang dipasangi plat besi, ada tulisan Mowe (bahasa Jerman dari camar), dan lambang burung camar Angkatan Laut.
Nama Morgan berasal dari Bajak Laut nyata Henry Morgan
Nezumi
Kapten Nezumi, adalah kapten dari markas cabang 16 di East Blue yang korup. Nezumi sangat licik tetapi juga pengecut. Nezumi mau dibayar oleh pemimpin Kelompok Bajak Laut Arlong, Arlong untuk menutup-nutupi keberadaannya dari kejaran Angkatan Laut. Dia juga dibayar oleh Arlong untuk merampas harta yang sudah dikumpulkan Nami. Setelah Arlong dikalahkan, Nezumi dan pasukannya muncul untuk meringkus Arlong, tetapi langsung dihajar oleh Kelompok Bajak Laut Topi Jerami dan dipaksa untuk mengembalikan uang Nami. Nezumi marah dan melaporkan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami ke markas besar sebagai benih ancaman dunia dan meminta untuk memasukkan Luffy dalam daftar buruan.
Nezumi adalah bahasa jepang untuk tikus, yang juga ikon untuk koruptor.
Beberapa karakter di One Piece punya tawa aneh, untuk Nezumi seperti tikus yaitu Cit Cit (contoh:”Cit cit cit cit cit!!”)
Hina
Kapten Hina, adalah kapten dari markas besar angkatan laut yang bertugas bersama Smoker untuk mengurus Baroque Works di Arabasta. Sejak awal Hina memang teman Smoker, Hina memiliki kekuatan buah iblis Ori Ori (Ori=Kurungan), yang bisa membuatnya mengubah tubuh menjadi benda hitam yang menyergap musuh (kurungan), sehingga membuat dia dijuluki Hina sang Kandang Hitam (bertolak dengan Smoker sang pemburu putih). Hina adalah oang yang punya kebiasaan memanggil dirinya dengan sudut pandang orang ketiga.
Hina memiliki 2 prajurit khusus yaitu Jango dan Fullbody (mereka bergabung karena tergila-gila padanya). Hina bertugas bersama Smoker sejak pertama bergabung dengan Angkatan Laut, berbeda dengan Smoker, Hina adalah orang yang rajin dan sudah berkali-kali menyelamatkan Smoker ketika akan dikeluarkan. Pada misi di Arabasta, setelah Smoker meringkus Baroque Works, Hina ditugasi untuk menghancurkan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami, dia dan pasukannya yang dijuluki Tim Tombak Hitam, berhasil membombardir Going Merry dengan tombak hitam. Di saat Kelompok Bajak Laut Topi Jerami berusaha akan menjemput Nefertari Vivi, Mr.2 Bon Kurei menghadapi Hina untuk menahan mereka.
Hina muncul kembali pada cerita halaman depan Misi Penyelamatan Baroque Works, Hina diceritakan sedang berlibur di Kyuuka Island, dimana dia juga mencari Mr.2 Bon Kurei. Hina akhirnya berhasil menangkap Miss Valentine, kemudian Mr.2 menyelamatkannya dan menyerang Hina.
Umur Hina adalah 32 Tahun
Hina sangat memperlakukan Jango dan Fullbody dengan baik, seperti memberi mereka kewenangan memakai seragam pribadi
T-Bone
Kapten T-Bone, adalah kapten dari markas besar angkatan laut yang menyertai anggota CP9 dalam kepulangan ke Enies Lobby. T-Bone adalah kapten yang mementingkan kebaikan hati dan menolong orang lain, yang berbeda jauh dengan wajahnya yang menyeramkan. Misalnya dia rela merobek seragam “keadilan” untuk menutup luka para anak buahnya. T-Bone dijuluiki Sang Pembelah Kapal, karena teknik berpedangnya yang hebat, dan dapat menghasilkan gelombang berwarna biru. T-Bone sangat marah ketika gerbongnya dipisahkan oleh Sanji dan kawan-kawan, dia merasa bertanggungjawab kemudian mengejar kereta itu. T-Bone akhirnya berhadapan dengan Zoro yang berada di belakangnya, dia dikalahkan dalam satu jurus. T-Bone memegang prinsip Keadilan Absolut.
Bone Soir:T-Bone mengayunkan pedangnya membentuk segi empat, kemudian gelombang biru keluar dari tebasan itu.
Bone Ohdori:T-Bone mengayunkan pedangnya membentuk gelombang burung biru.
Very Good
Kapten Very Good (Beri Guddo) adalah salah satu dari 200 kapten dan Komandan yang menyerang Kelompok Bajak Laut Topi Jerami di Jembatan Keputusasaan, dia adalah pelaut dengan rambut afro dan huruf MARINE di dagunya. Very Good terlihat menyerang Franky dan ketika dipukul anggota tubuhnya terpencar menjadi bulatan dan melayang-layang, yang nantinya diketahui kalau dia adalah pemilik kekuatan buah Beri Beri. Dalam Versi Anime, Very Good mengambil peran lebih banyak dengan bertarung melawan Franky dan Zoro, dia juga menyebutkan nama buah iblisnya.
Nama, jabatan dan kekuatan buah iblisnya terkuak pada buku data One Piece Yellow, bersama dengan Shuu dan Sharingu.
Shuu
Kapten Shuu adalah salah satu dari 200 Kapen dan Komandan yang menyerang Kelompok Bajak Laut Topi Jerami di Jembatan Keputusasaan, dia adalah pelaut yang menggunakan cadar dan bertopi bulat, dengan tatapan dingin. Shuu menghadapi Zoro dan menghancurkan salah satu pedang Zoro dengan mudah karena dia adalah pemilik kekuatan buah iblis Sabi Sabi (Sabi berarti karat). Di anime dia diberi pertarungan lebih panjang dengan Zoro dan berhasil “mengkaratkan” tubuh Zoro, kemudian dia diselamatkan oleh ussop dengan satu tembakan dari senjata terbaru (kabuto).
Nama, jabatan dan kekuatan Buah Iblisnya terkuak pada buku data One Piece Yellow.
Sharingu
Kapten Sharingu, adalah satu dari 200 Kapten dan Komandan yang menyerang Kelompok Bajak Laut Topi Jerami di Jembatan Keputusasaan, di sini dia sedang menyerang Franky dengan kekuatan Buah Shari Shari-nya (Shari berarti roda) yang membuat tubuhnya berputar cepat untuk menyerang. Di dalam versi anime, Sharingu hanya menyerang Franky dengan pedang.
Nama, jabatan dan kekuatan Buah Iblisnya terkuak pada buku data One Piece Yellow.
Komandan
Commander/Chuusa
Ripper
Komandan Ripper, adalah Komandan yang bekerja di bawah Kapten Morgan. Setelah Morgan ditumbangkan, Ripper mendatangi Luffy untuk mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan. Tetapi setelah tahu kalau Luffy adalah bajak laut, Ripper mengurungkan niatnya dan membuatnya dicela oleh para warga. Setelah Luffy dan Zoro meninggalkan Shell Town, Ripper dan anggotanya memberi hormat pada Luffy dan Zoro, dan membuat mereka harus menerima hukuman karena menghormati bajak laut. Sekarang Ripper yang memimpin markas cabang di kota itu.
Mayor
Lieutenant-Commander/Shousa
Brandnew
Mayor Brandnew adalah mayor yang berada di markas besar angkatan laut yang bertugas menentukan dan memperkenalkan harga baru dari setiap buronan, dia bekerja di markas besar angkatan laut. Brandnew pertama muncul ketika memperkenalkan harga Luffy setelah Luffy mengalahkan Arlong.
Letnan
Lieutenant/Taii
Fullbody
Letnan Fullbody adalah letnan angkatan laut yang pertama muncul di restoran terapung Baratie, sekarang dia didegedrasi karena membantu membebaskan Jango.
Letnan Satu
Lieutenant Junior Grade/Chuui
Rokakku
Letnan Satu Rokakku, adalah letnan satu yang bekerja di bawah kapten Morgan. Dia diperintah untuk membunuh Rika, anak kecil yang menyusup ke markas. Rokakku keberatan karena Rika hanyalah anak kecil, Morgan marah dan menebas Rokakku.
Namanya terkadang dibaca sebagai Hexagon, karena rokakku adalah bahasa jepang untuk hexagon (segi enam). uniknya, bentuk wajahnya juga segienam. Hexagon juga sebagai nama karakter dalam konsep awal One Piece (Romance Dawn), yaitu Spiel the Hexagon.
Letnan Dua
Ensign/Shoui
Tashigi
Letnan Dua Tashigi, adalah partner dari Kapten Smoker yang seorang pendekar pedang. Tashigi pada awal cerita berpangkat Sersan Mayor, setelah peristiwa di Arabasta, dia dipromosikan menjadi Letnan Dua. Tashigi adalah gadis yang sangat ceroboh, tetapi memiliki jurus pedang yang hebat. Impian Tashigi adalah mengumpulkan seluruh pedang legendaris (Wazamono), mulai dari 12 Saijou oo Wazamono (12 Pedang Tertajam), 21 oo Wazamono (21 Pedang Terkenal) dan 50 Ryou Wazamono (50 Pedang Terbaik). Sampai sekarang Tashigi baru mengumpulkan 2, yaitu Shigure dan Kashuu. Tashigi juga seorang yang kikuk dan ceroboh, dia juga sering salah orang yang dilihatnya karena dia adalah seorang rabun dekat.
Tashigi pertama muncul di *Loguetown, setelah melihat Tashigi, Zoro menganggap Tashigi sangat mirip dengan Kuina. Zoro dan Tashigi bertemu kembali di toko penjual senjata, Tashigi akan mengambil pedangnya, Shigure, dia menawarkan Zoro untuk memiliki pedang legendaris ‘Sandai Kitetsu, setelah melihat Zoro yang mengadu takdirnya dengan pedang terkutuk itu, dia kagum sampai meringkuk lemas. Pada saat Luffy akan dieksekusi Buggy Badut, Tashigi baru sadar kalau Zoro adalah sang pemburu perompak yang ia benci, ketika pelarian, Tashigi berhasil mencegat Zoro dan mereka bertarung, tetapi Tashigi kalah telak. Bersama Smoker, Tashigi mengejar Kelompok Bajak Laut Topi Jerami menuju Grand Line. Pada awal Grand Line, Tashigi berhasil menemukan pedang Kashuu, setelah mengunjungi Whiskey Peak.
Tashigi memegang peran penting saat pemberontakan di Arabasta, dia diserahi Smoker sebuah tugas pilihan untuk menangkap Kelompok Bajak Laut Topi Jerami atau mencegah terjadinya pemberontakan, setelah berada di Alubarna, Tashigi dikalahkan dengan mudah oleh Nico Robin dan dicemooh oleh Crocodile tentang keadilan yang ia miliki, pada akhirnya dia menyadari keadilannya, dan membantu Kelompok Bajak Laut Topi Jerami untuk menghentikan pemberontakan dan mengalahkan Crocodile. Setelah pertempuran usai, Tashigi meringkus semua anggota BW dan menolak untuk menangkap Kelompok Bajak Laut Topi Jerami kemudian kembali ke kapal Smoker sambil menangisi perbuatannya (pemahaman tentang keadilan). Tashigi bersama Smoker muncul kembali setelah Peristiwa Enies Lobby, dia masih saja kikuk, dan memperoleh promosi pangkat menjadi Letnan Dua.
Tinggi Tashigi 170 cm, dan berusia 21 tahun, umur yang sama dengan Kuina, kalau dia masih hidup.
Karena Tashigi adalah orang yang kikuk (toro dalam bahasa Jepang), ulang tahunnya adalah 6 Oktober (10 adalah to dan 6 adalah ro, dalam bahasa Jepang)
Bintara
Chief Warrant Officer/Juni
Belum ada tokoh berpangkat ini.
Sersan Mayor
Master Chief Petty Officer/Souchou
Coby
Sersan Mayor Coby adalah salah satu murid Laksamana Madya Garp yang dahulu adalah bocah penakut sahabat Luffy. Sejak dibawa Garp ke Markas Besar Angkatan Laut, Coby dan Helmeppo menjadi orang yang tangguh, Coby bahkan dapat mengimbangi Luffy. Coby sudah menguasai salah satu bentuk Rokushiki yaitu Soru. Impian Coby adalah menjadi seorang Admiral, dan menangkap bajak laut-bajak laut seperti Alvida.
Riwayat
Dahulu, Coby adalah bocah desa biasa, pendek, dan penakut, pada suatu hari, Coby akan pergi memancing, ternyata dia bertemu Kelompok Bajak Laut Alvida dan Coby diseret untuk menjadi kacung mereka. Sudah setahun sejak kejadian itu, Coby sejak awal sudah berniat untuk melarikan diri, karena takut, dia selalu mengurungkan niatnya. Sampai akhirnya Luffy datang ke pulau yang diduduki Alvida, dan bertemu Coby. Setelah melihat semangat Coby, Luffy menghajar Alvida dan membawa Coby menjadi temannya. Coby menemani Luffy berlayar sampai di Shell Town, dimana Zoro disekap oleh Morgan. Ketika Luffy sedang menyelinap ke markas, Coby membantu melepaskan ikatan Zoro tetapi keahuan dan ditembak (Coby mengira dia sudah mati). Setelah Luffy dan Zoro mengalahkan Morgan, Coby memeberanikan diri, demi impiannya, untuk bergabung dengan Angkatan Laut kepada Komandan Ripper. Awalnya Ripper tidak mau Coby bergabung, ,tetapi setelah mendengar Coby sangat serius, Ripper mau menerimanya.
Coby (dan juga Helmeppo) masuk ke Pangkalan Angkatan Laut dan bekerja sebagai kacung (natsuyou ). Berbeda dengan Helmeppo, Coby adalah anak yang rajin. Suatu hari, mereka menjadi salah seorang pengantar tahanan (Kapten Morgan) yang akan dibawa ke Laksamana Madya Garp. Di saat itu, Morgan memberontak dan berhasil kabur membawa Helmeppo, Coby yang berusaha menyelamatkan sahabatnya menembak-nembaka pistol di kapal itu, sehingga membuat keributan tetapi langsung dicegah oleh Garp dan Bogart. Setelah berakhir, dan Helmeppo berhasil selamat, Coby dan Helmeppo memohon maaf pada Garp. Garp tertarik kepada kedua orang ini dan menjadikan mereka muridnya di Markas Besar Angkatan Laut.
Di Markas Besar, Coby dan Helmeppo dilatih secara keras dan khusus sampai malam hari oleh Garp dan Bogart. Kemunculan mereka di Water 7, yang sangat berbeda, terutama Coby yang menjadi tinggi, dan lebih berkharisma adalah hasil dari latihan khusus Garp itu. Selama di Water 7, Coby berbincang-bincang dengan Luffy, tentang masa lalu mereka dan orang pertama yang memperkenalkan “New World” pada Luffy. Coby kemudian berpisah dengan Luffy dengan berjanji akan bertemu lagi di New World, tentunya sebagai seorang Admiral nanti. Coby terakhir terlihat di kapal Garp.
Sersan
Chief Petty Officer 1st Class/Gunsou
Helmeppo
Sersan Helmeppo adalah salah satu murid Laksamana Madya Garp, yang dahulu adalah putra dari kapten Morgan, yang pesolek, sombong tetapi lemah. Sekarang dia menjadi orang yang kuat dan berhasil mengimbangi Zoro, tetapi masih saja menjadi bocah sombong. Helmeppo memakai senjata sepasang Kukri.
Mushikaku
Sersan Mushikaku adalah Sersan yang selalu mendampingi Tashigi sejak di Loguetown, di Arabasta, dia adalah perwira yang menanyakan apakah Topi Jerami perlu diringkus.
Shine
Sersan Shine (Shain) adalah sersan yang selalu bersama Hina di Arabasta.
Kopral
Chief Petty Officer 2nd Class/Gochou
Belum ada tokoh berpangkat ini.
Prajurit Bintang Dua
Seaman First Class/Ittouhei
Para prajurit kelas satu dan prajurit kelas dua muncul sebagai prajurit biasa yang memakai seragam standar angkatan laut di kisah ini. Mereka biasanya muncul dalam jumlah yang banyak. Para prajurit seperti ini berdasarkan Fukurou memiliki 10 Douriki.
Prajurit Bintang Satu
Seaman Second Class/Nitouhei
Lines
Lines adalah prajurit bintang satu yang berada di kapal Fullbody, dia panik ketika Gin, anak buah Don Krieg berhasil kabur. Ketika akan melapor ke Fullbody yang saat itu berada di restoran, dia ditembak oleh Gin dari belakang.
Calon Prajurit
Seaman Apprentice/Santouhei
Belum ada karakter dengan pangkat ini yang mnucul.
Prajurit Rekrut
Seaman Recruit
Belle-Mere
Belle-Mere adalah ibu angkat Nami dan Nojiko (dalam bahasa Perancis, bellemere berarti ibu tiri). Bellemere adalah prajurit Angkatan Laut yang ikut dalam pertempuran di sebuah pulau 18 tahun yang lalu, saat itu Bellemere sudah pasrah untuk menghadapi kematian, tetapi saat itu pula seorang anak (Nojiko) membawa seorang bayi (Nami) menghampirinya, setelah melihat senyuman mereka, Bellemere menjadi kembali memiliki selamat untuk hidup. Sepulangnya Bellemere ke Desa Kokoyashi, dia membawa Nami dan Nojiko dan berniat mengadopsi mereka.
Bellemere adalah ibu yang sangat perhatian pada 2 anaknya, dia membangun usaha kebun jeruk bersama Nami dan Nojiko, Bellemere tewas terbunuh oleh Arlong, ketika dia tidak sanggup untuk membayar upeti.
Jango
Jango adalah prajurit yang bersama Fullbody menjadi tangan kanan Hina. Dahulu Jango adalah wakil kapten Kelompok Bajak Laut Kuroneko yang dihargai 8 .000.000 Berry sampai dia dikalahkan oleh Usopp. Jango yang ditinggal kelompoknya pergi sampai akhirnya menjadi raja dansa dan bersahabat dengan Fullbody. Jango kemudian ditangkap oleh Fullbody karena ketahuan dia adalah bajak laut. Fullbody kemudian membebaskannya dari hukuman karena mereka adalah sahabat, gantinya pangkat Fullbody harus turun. Terakhir Jango akan menghipnotis Fullbody, tetapi mereka terhenti setelah melihat perwira seksi Kapten Hina. Kemudian di cerita selanjutnya, Jango dan Fullbody menjadi bawahan paling setia kapten Hina.
Jango adalah seorang ahli hipnotis, hanya dengan mengucapkan 1..2.. Jango (One Two Jango), target langsung terkena hipnotisnya. Parahnya, jika Jango juga menatap lingkaran itu sendiri, dia juga akan terkena hipnotisnya sendiri. Saat masih menjadi bajak laut, Jango sangat ahli mengenakan cakram. Imej Jango, sangat besar kemungkinan berasal dari Michael Jackson, semua gayanya, Jango yang senang berdansa, dan bahkan dia sering melakukan moonwalk.
Mata Jango berbentuk hati, terlihat jika kacamatanya dilepas.
Jango muncul sebagai karakter utama di cerita spesial tambahan dari One Piece Movie 2: Adventure in Clockwork Island. Disini Jango sedang berada di Mirrorball Island dan berhasil membuat semua penduduk pulau menari karena hipnotisnya.
Di salah satu pojok SBS, Pengarang menjelaskan kalau kekuatan hipnotis Jango berasal dari jamur yang tumbuh di janggutnya, karena dia sangat malas dan lebih sering tidur. Karena tidak ada yang bisa dimakan lagi, Jango memakan jamur aneh itu, dan dia menjadi seorang ahli hipnotis. Parahnya, tangkai jamur itu tidak ikut tercabut dan tumbuh seperti jenggot.
Fullbody
Fullbody adalah prajurit yang sekarang menjadi tangan kanan kapten Hina, yang dijuluki Fullbody si Tinju Besi Ganda, dia adalah sahabat Jango. Dahulu, Fullbody adalah seorang pelaut berpangkat sersan, dia adalah seorang gentleman, (saat itu dijuluki Fullbody si Tinju Besi) yang digemari wanita, dan sangat mendalami doktrin angkatan laut (Keadilan absolut). Fullbody muncul pertama kali di cerita Baratie, dimana dia sedang bebas tugas dan pergi ke restoran itu, disana Fullbody menghina masakan Sanji, sehingga membuatnya babak belur oleh Sanji. Di saat dia marah dan akan keluar restoran, Gin (anggota Bajak Laut Don Krieg yang tertangkap Fullbody) datang dan diberitakan telah kabur, Fullbody kemudian lari ketakutan.
Fullbody kemudian muncul pada cerita halaman depan Surga Dansa Jango, dimana dia menjadi peserta lomba dansa di Mirrorball Island dan bersama Jango, mereka menjadi peserta babak Final. Akhirnya Fullbody mendapat Juara 2 dan saling kenal dengan Jango (saat itu dia tidak tahu kalau Jango adalah bajak laut). Ketika Jango tahu kalau Fullbody adalah angkatan laut, dia langsung kabur dengan memanfaatkan keadaan di pulau itu yang tiba-tiba diserang Bajak Laut. Fullbody berusaha melawan bajak laut itu sampai babak belur, kemudian dari kejauhan Jango datang untuk menolong sahabatnya. Setelah pertempuran, mau tidak mau Fullbody harus menangkap sahabatnya sendiri, dan ketika Jango akan dihukum mati, Fullbody keberatan atas hukuman itu, dan sebagai gantinya pangkat mereka diturunkan. Ketika mereka akan berpisah, Fullbody dan Jango melihat dan jatuh cinta perwira seksi yatu Kapten Hina kemudian bersedia menjadi pengikutnya. Jango dan Fullbody menjadi Prajurit Rekrut yang bekerja dibawah kapten Hina.
Sekarang Fullbody berubah drastis dari seorang gentleman menjadi seorang yang urakan mungkin setelah bergaul dengan Jango, mereka muncul di cerita Arabasta bersama Hina untuk menghancurkan Kelompok Bajak Laut Topi Jerami, tetapi langsung diledakkan oleh Usopp. Fullbody juga muncul menemani Hina liburan di Kyuuka, sampai akhirnya Mr.2 Bon Kurei mengalahkannya.
Nama Fullbody berasal dari kandungan sake.
Kacung
Odd Jobs/Natsuyou
Pangkat paling rendah, bukan sebagai prajurit, tetapi sebagai suruhan, misalnya membersihkan pedang, meriam, mengepel lantai markas, dan lain-lain. Pangkat awal Coby dan Helmeppo dan Jango. Fullbody juga didegredasi ke pangkat ini.
Lain-Lain
Bogart
Bogart adalah tangan kanan dari Laksamana Madya Monkey D. Garp, orang ini adalah seorang pendekar pedang yang cepat, dan selalu menyertai Garp kemanapun dia pergi (terutama dalam versi anime). Bogart juga yang mengajar Coby dan Helmeppo berpedang.
Pangkat Bogart masih belum diketahui, berhubung dia sudah mengenakan seragam “keadilan”, pangkatnya di atas Sersan Mayor. Bogart, Hina dan Garp juga muncul di game One Piece Grand Battle 2 sebagai cameo di stage Marine HQ.
Attachi
Attachi adalah Kepala Bagian Dokumentasi yang mengambil foto untuk para buronan. Attachi dijuluki Flaming Attachan, karena setiap akan mengambil foto, dia meneriakkan “Fire!!”. Attachi pertama muncul dalam cerita Water Seven (Pasca Enies Lobby), dimana dia sedang menyerahkan foto ke-7 Kelompok Bajak Laut Topi Jerami sambil menjelaskan kenapa foto Sanji tidak ada.
Lambang Bendera
Lambang bendera dari kelompok ini adalah sebuah Jolly Roger (tengkorak yang disilang dengan tulang) biasa dengan tengkorak yang memakai topi jerami.
Anggota
Anggota Tetap
Kapten: Monkey D. Luffy
Divisi Tempur: Roronoa Zoro
Navigator: Nami
Penembak Jitu: Usopp
Koki: Sanji
Dokter: Tony Tony Chopper
Ahli Arkeolog: Nico Robin
Tukang Kayu Kapal: Franky
Pemain musik: Brook
Sebagai kapal dari kelompok ini sekarang adalah Thousand Sunny. Dibuat dari kayu terbaik di dunia yang digunakan untuk membuat kapal Oro Jackson milik Gold Roger,Adam. Dan dibangun oleh para tukang kayu terbaik di dunia, Galley-La Company serta dua orang murid tukang kayu legendaris, Cutty Flam dan Iceburg.
Mantan Anggota
Infantry adalah 497 anggota Foxy yang direkrut dalam Davy Back Fight dari kelompok Foxy dalam serial Anime-nya. Infantry dikembalikan setelah pertandingan berakhir. Karena Luffy lebih memilih Chopper dan Robin dan Going Merry tidak dapat menampung mereka semua.
Going Merry adalah kapal petama milik kelompok ini. Going Merry menemani mereka sejak awal perjalanan di East Blue. Going Merry menerima kehancuran fatal dan bahkan melebihi batas kerusakan kapal normal sejak di Grand Line. Sampai akhirnya di Water 7 Going Merry dianggap sudah tidak bisa berlayar. Going Merry dibuang ke laut oleh CP9. Pada akhir kehancuran Enies Lobby, Going Merry muncul secara tiba-tiba di hadapan para kru dan menolong mereka dari serbuan Buster Call. Pada akhirnya Going Merry tenggelam dan “dikubur” dalam upacara seperti pemakaman kapal viking.
Jurnal Pelayaran
Jurnal pelayaran memang seharusnya diatur dari Pulau Commi dimana sang Navigator Nami mulai mencatatnya. Tetapi disini dimulai dari petualangan sang kapten Luffy yaitu dari desa kelahirannya.
Tempat Keberangkatan: Desa Fuusha (East Blue)
Tempat sekarang
Enies Lobby
Thriller Bark (pada manga di indonesia)
East Blue
Di East Blue, tujuan mereka mengikuti perintah Luffy. Setelah sampai di Pulau Commi, mereka menetapkan untuk pergi ke Grand Line yaitu melewati pulau awal dan akhir, Loguetown.
Desa Fuusha sebagai tempat awal
Pulau tak bernama milik Alvida
Kota Shell sebagai tujuan Luffy untuk merekrut Roronoa Zoro.
Kota Orange
Hutan Pengadilan (Pulau Binatang Aneh)
Desa Syrup
Restoran Terapung Baratie sebagai tujuan Luffy untuk merekrut Sanji.
Pulau Commi sebagai tujuan Luffy untuk mengejar Nami.
Loguetown tujuan akhir di East Blue.
Sebelum masuk Grand Line, kru secara tidak sengaja masuk ke Calm Belt.
Grand Line
Di Grand Line, kru memutuskan untuk melalui rute Whiskey Peak. Setelah sampai di Little Garden, mereka melewati rute yang ditunjukkan Eternal Pose ke Arabasta. Setelah itu rute mengalir secara alami.
Rute menuju Arabasta ditetapkan karena menuruti permintaan Vivi untuk menyelamatkan Arabasta dari Baroque Works.
Pulau Cactus
Little Garden
Pembelokkan Rute’
Pulau Drum
Arabasta
Jaya (lewat Eternal Pose, tetapi tidak mengubah jalur Log Pose), digunakan sebagai tempat untuk mencari informasi ke Skypiea.
Skypiea
Pulau Panjang
Water 7
Enies Lobby (tidak mengikuti log), untuk menyelamatkan Nico Robin.
Florian Triangle (tempat sebelum melalui tujuan berikutnya, Pulau Manusia Ikan)
Harga Buruan
Sejauh ini, semua anggota Kelompok Bajak Laut Mugiwara telah memiliki harga kepala masing-masing sebagai buronan. Total harga mereka sekarang adalah 700.000.050 Berry. Sejak awal anggota ini telah diprediksikan pihak angkatan laut menjadi ancaman serius bagi dunia. Juga yang dikatakan oleh Admiral Aokiji. Semua anggota baru mendapat “jatah” setelah kejadian di Enies Lobby. lady D. bukai harga pertama adalah 1.000.000.000 berry karena mengalahkan shirohige
Monkey D. Luffy
Julukan: Luffy si Topi Jerami
Harga Pertama yang diraih Luffy adalah 30.000.000 Berry karena telah mengalahkan Buggy dengan jurus gomu-gomu no bazzoka, Don Krieg dengan jurus gomu-gomu no bazzoka, dan Arlong dengan jurus gomu-gomu no axe (sebenarnya juga Kuro, tetapi Kuro dianggap telah mati oleh Marinir). Menjadikannya harga yang paling tinggi di wilayah East Blue.
Harga Kedua yang diraih Luffy adalah 100.000.000 Berry karena telah mengalahkan Crocodile , salah seorang dari Sichibukai dengan jurus gomu-gomu no storm dan menjatuhkan organisasi kriminal Baroque Works (bersama anggota bajak laut topi jerami lainya).
Harga ketiga yang diraih Luffy adalah 300.000.000 Berry sebagai hasil dari mengalahkan 2 anggota cp9 yaitu Rob Lucci dengan jurus gear 2: gomu-gomu no jet gatling gun dan Blueno dengan jurus gear 2: gomu-gomu no jet bazzoka, menghabisi puluhan ribu pelaut dan agen di Enies Lobby, menghabisi 1000 marinir Buster Call dan selamat dari serbuan Buster Call dalam kehancuran Ennies Lobby.
Roronoa Zoro
Julukan: Zoro si Pemburu Perompak
Harga Pertama yang diraih Zoro adalah 60.000.000 Berry setelah dikonfirmasikan menghabisi 100 orang pemburu hadiah di Whiskey Peak dan mengalahkan Dazz Bones alias Mr.1 dari Baroque Works dengan jurus Ittoryu iai: Sishi Sonson.
Harga Kedua yang diraih Zoro adalah 120.000.000 Berry setelah tragedi di Enies Lobby. Juga dimungkinkan karena telah mengalahkan Kapten T-Bone dari angkatan laut dan Kaku dari CP9 dengan jurus Kyuttoryu Ashura: Ashura Icchibugin.
Nami
Julukan: Nami si Kucing Pencuri
Harga pertama yang diraihnya adalah 16.000.000 Berry, setelah kejadian di Ennies Lobby dan mengalahkan Califa dari CP9 dengan jurus tunder lance tempo.
Usopp
Dalam daftar buruan, Usopp dinamakan sebagai Sogeking (juga wajahnya) karena sepanjang di Enies Lobby dia memakai nama itu dan mengenakan topeng.
Julukan: Sogeking si Raja Penembak Ulung
Harga pertama yang diraihnya adalah 30.000.000 Berry, setelah tragedi di Enies Lobby dan menyerukan perang kepada dunia dengan membakar bendera WORLD GOVT dengan cara menembakan peluru burung apinya. Karena disini dinamakan Sogeking dan sekarang Usopp tidak mengenakan nama dan jati diri itu lagi, dengan demikian Sogeking hanyalah buruan fiktif yang tidak diketahui keberadaanya.
Sanji
Julukan: Sanji si Kaki Hitam
Harga pertama Sanji adalah 77.000.000 Berry, setelah tragedi di Enies Lobby dan mengalahkan Jyabura dari CP9 dengan jurus diablo jump: flambage shot. Yang sangat lucu adalah hanya poster Sanji yang digambar, dan ini sangat mengecewakan bagi dirinya (dan menjadi bahan ejekan Zoro tentunya).
Chopper
Julukan: Chopper si Pecinta Permen Gula-Gula (Binatang Peliharaan)
Harga pertama yang diraihnya adalah 50 Berry, setelah tragedi di Enies Lobby. Dia dihargai serendah itu karena dia dianggap oleh pihak angkatan laut sebagai binatang peliharaan topi jerami. Padahal dia telah mengalahkan Kumadori dari CP9 dengan berubah menjadi monster raksasa karena memakan 3 buah rumble ball dalam jangka waktu yang dekat.
Nico Robin
Julukan: Robin si Anak Iblis
Harga pertama yang diraihnya adalah 79.000.000 Berry pada saat dia berumur 8 tahun. Disebutkan kalau dia menghancurkan belasan kapal angkatan laut. Pada kenyataannya dia dihargai sebesar itu karena bisa membaca sejarah terlarang Poneglyph.
Harga kedua yang diraihnya adalah 80.000.000 Berry setelah tragedi di Ennies Lobby dan menghabisi ketua cp9, Spandam dengan jurus seis fleur: clucth. Foto di sini juga berubah menjadi foto Robin dewasa.
Franky
Julukan: Franky si Cyborg
Harga pertama yang diraihnya adalah 44.000.000 Berry setelah tragedi di Enies Lobby dan mengalahkan Fukurou dari CP9 dengan jurus 500 power cola how: Coup De Vent.
Brook
Julukan: Brook si Tuan Kerangka
Harga pertama yang diraihnya adalah 33.000.000 Berry saat ia masih bergabung menjadi anggota bajak laut Rumba
Kekuatan Kru
Berikut adalah daftar kriminal dan kelompok bajak laut atau organisasi yang telah dihancurkan oleh kelompok ini. Kehancuran bajak laut besar disini menunjukkan betapa besarnya kekuatan kelompok bajak laut ini dan kelak bisa menjadi ancaman serius bagi pihak angkatan laut.
Mengalahkan kelompok bajak laut Alvida dan Alvida yang dihargai 5.000.000 Berry
Mengalahkan Kapten Morgan dan menumbangkan kekuasaan di markas cabang 132. (Walaupun ini menjadi keuntungan bagi pihak Angkatan Laut)
Mengalahkan kelompok bajak laut Buggy dan Buggy senilai 15.000.000 Berry.
Mengalahkan kelompok bajak laut Kuroneko dan kapten Kuro senilai 14.000.000 Berry (tidak tercatat dalam Angkatan Laut)
Mengalahkan Don Krieg seharga 17.000.000 Berry.
Mengalahkan kelompok bajak laut Arlong si manusia hiu yang dihargai 20.000.000 Berry.
Menghabisi 100 pemburu hadiah di pulau Cactus Whiskey Peak.
Mengalahkan raja Wapol dan menumbangkan kerajaan Drum (dari satuan negara WORLD GOVT.).
Menghancurkan seluruh bagian organisasi kriminal Baroque Works dan menumbangkan Crocodile dari Shichibukai. (keuntungan bagi pihak angkatan laut).
Lolos dari bombardir kapal perang angkatan laut Kapten Hina.
Mengalahkan kapten dari kelompok bajak laut Bellamy, Bellamy sang Hyena (55.000.000 Berry)
Mengalahkan semua pasukan dewa Skypiea dan sang dewa, Enel (menurut Eiichiro Oda, Enel dihargai sekitar 500.000.000 Berry)
Mengalahkan kelompok bajak laut Foxy.
Mengalahkan puluhan agen pemerintah dan angkatan laut serta kapten T-Bone di kereta api laut Puffing Tom.
Mengalahkan 2 agen Chiper Pol pemerintah Wanze dan Jerry di dalam Puffing Tom.
Mengalahkan puluhan ribu prajurit di Ennies Lobby
Mengalahkan kesembilan agen CP9.
berhasil lolos dari 1000 angkatan laut pada saat penyerbuan Buster Call.
Satu-satunya kelompok yang bisa selamat dari serbuan Buster Call.
berhasil mengalahkan Gecko Moria salah satu dari shicibukai(disembunyikan oleh pemerintah dari pihak umum ).
Dalam hal pertarungan, kelompok ini dipusatkan pada sang kapten Luffy, sang pendekar pedang Zoro , dan sang koki Sanji. Kru lain juga dapat diandalkan dalam pertarungan tetapi bukan petarung utama. Ketika pertarungan melawan musuh, Luffy pasti melawan pemimpin musuh dan para kru lain melawan anak buah sang pemimpin (kadang jenis kekuatan atau peringkat musuhnya) misalnya Luffy vs Luccy dan Zoro vs Kaku. Kekuatan kapal kru Going Merry juga bisa diandalkan, ada 4 meriam di kapal ini tetapi jarang (hampir tidak pernah) digunakan, buktinya kapal ini bisa lolos dari bombardir yang dilakukan oleh laksamana madya legendaris marine, Monkey D. Garb. Pada dasarnya, anggota topi jerami ada yang sebagai orang berbahaya yang diincar angkatan laut seperti Zoro si pemburu perompak dan Nico Robin si anak iblis.
Kekuatan kru yan lain adalah kru di topi jerami setidaknya sekarang sudah memenuhi syarat sebagai sebuah kelompok kapal. Seperti Nami sang Navigator dan Chopper sang Dokter. Anggota yang selama ini ingin dimiliki Luffy adalah seorang musisi atau pemusik. Dia ingin mempunyai kru ini sejak di East Blue. Yang menjadi pemusik di kapal ini adalah Brook, tengkorak yang ditemui di Florian Triangle.
Monkey D. Luffy sang Kapten, adalah orang sangat bertanggung jawab pada kru terutama di Enies Lobby. Meskipun kelihatannya kekanak-kanakan, ceroboh, dan bodoh,tetapi dia sangat memperhatikan anggota-anggotanya dan selalu bersemangat untuk bertualang.
Roronoa Zoro adalah petarung utama yang menjadi andalan kru dan juga memedulikan eksistensi kelompok. Merupakan orang yang sangat kuat, mampu memotong besi. Gaya bertarungnya adalah “Tiga Pedang” (Santouryuu). Bersenjatakan pedang di masing-masing tangannya dan satu di mulutnya.
Nami adalah navigator dan pembuat peta yang hebat dan selalu memandu mereka dari dahsyatnya lautan Grand Line. Navigator yang bisa merasakan perubahan cuaca dengan badannya sendiri.
Usopp adalah penembak jitu andalan, mewarisi bakat tersebut dari ayahnya yang sekarang merupakan penembak jitu dalam kelompok Shanks si Rambut Merah. Dialah yang mewakili kelompok Topi Jerami dalam menyatakan perang terhadap World Government dengan cara membakar benderanya (dalam identitas Sogeking).
Tony Tony Chopper adalah dokter yang handal dan selalu berusaha menyembuhkan luka para anggota (terutama Usopp). Merupakan murid dari Dr. Hiluluk.
Sanji adalah koki hebat yang bisa membuat makanan enak untuk kru (terutama kru wanita). Pernah ditolong dan akhirnya menjadi murid Zeff si Kaki Merah, kapten dari Bajak Laut Cook yang katanya sudah pernah memasak di seluruh lautan di dunia.
Franky adalah salah satu murid tukang kayu legendaris, Tom. Tom-lah yang membuat Oro Jackson, yaitu kapal Gold Roger, sang Raja Bajak Laut.
Nico Robin adalah seorang arkeolog yang sangat cerdas. Merupakan anak dari Nico Olvia, dan diterima menjadi sarjana di Ohara saat masih berumur 8 tahun.
Brook adalah tengkorak yang bisa memainkan semua macam alat musik. kini Monkey D. Luffy telah memenuhi keinginannya untuk merekrut anggota yang dapat memainkan alat musik.
Simbol X
Pada saat kisah Baroque Works, setelah mengetahui kekuatan Mr.2 Bon Kurei yang telah meniru wajah Luffy, Nami, Zoro, Usopp dan Chopperr. Para kru (Juga Vivi dan Karuu) sepakat untuk membuat semacam tanda di lengannya sebelum memasuki Arabasta. Tanda yang dipilih adalah ikatan kain di lengan kiri. Tetapi sebelum mengikatkan itu, Zoro membuat ide untuk menggambar simbol X di lengan mereka. Karena walaupun musuh sudah memperlihatkan ikatan di lengan, mereka harus bisa membuka ikatan itu dan menunjukkan simbol X. Akhirnya diputuskan lambang simbol X menjadi lambang saling percaya di antara anggota kru.
Setelah akhir kisah Arabasta, dimana Vivi memutuskan untuk tinggal di negerinya dan berpisah dengan anggota, mereka tidak bisa mengucapkan salam perpisahan secara gamblang karena angkatan laut ada disekitar mereka. Akhirnya mereka memutuskan untuk berpisah dengan damai dengan menunjukkan simbol X kepada Vivi dan Vivi membalasnya dengan tanda yang sama.
Impian
Impian Luffy adalah menjadi raja bajak laut seperti Gold Roger dengan memperoleh harta karun One Piece. Luffy juga ingin bertemu Shanks di Grand Line untuk mengembalikan topi jerami sebagai lambang perjanjian.
Impian Zoro adalah menjadi pendekar pedang terhebat di dunia. Mimpi ini juga sama impian Kuina. Untuk itu, dia harus mengalahkan pendekar terhebat dunia sekarang, Juraquille Mihawk, yang merupakan salah seorang anggota Shichibukai yang pernah dikalahkan oleh Shanks, anggota yonkou.
Impian Nami adalah membuat peta dunia. Nami telah membuat peta sepanjang perjalanannya ini.
Impian Usopp adalah menjadi pahlawan pemberani di seluruh penjuru lautan seperti ayahnya dan juga seperti prajurit raksasa Elbaf.
Impian Sanji adalah menemukan All Blue, lautan tempat berkumpulnya 4 lautan di dunia. Impian ini sama dengan impian Zeff.
Impian Chopper adalah menjelajah dunia, mengenali dunia. dia juga punya impian menjadi dokter yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit di dunia ini.
Impian Robin adalah mempelajari Poneglyph, menemukan Rio Poneglyph dan mengungkap sejarah dunia yang sesungguhnya.
Impian Franky adalah membuat kapal terhebat di dunia yang bisa mengarungi sampai ujung dunia.
impian Brook adalah menjadi pemain musik terkenal di seluruh dunia dan bertemu sahabatnya kembali yaitu Laboon, ikan paus yang ditinggalkanya di Reverse Mountain.
Teman Seperjalanan
Selama perjalanan awalnya, Kelompok bajak laut topi jerami mempunyai teman seperjalanan yang membantunya.
Teman Utama
Berikut adalah teman seperjalanan yang berperan besar dalam petualangan mrereka. Para fans menyangka kalau mereka akan bergabung dengan kelompok, padahal sebetulnya tidak.
Vivi dan Karuu
Mereka berdua membantu kelompok bajak laut ini dan menemani pada seluruh kisah Baroque Works. Bahkan dianggap sebagai anggota kru oleh kelompok bajak laut ini. Vivi dan Karuu berpisah pada akhir kisah Baroque Works. Walaupun sudah berpisah, Vivi juga digambar pada halaman depan episode.
Ace
ace bergabung selama cerita Arabasta di dalam versi anime. Dalam versi anime, Ace juga bergabung dengan menunjukkan ikatan lengan kiri. Ace menemani sampai perjalanan ke Yuba dengan tujuan mencari orang yang mengaku sebagai anggota Kurohige.
Pauly
Pauly mewakili Galley-La Company dalam penyerangan ke Enies Lobby. Di Enies Lobby, dia bertarung melawan prajurit utama (houbantai dan Baskerville). Dan tersorot dalam kalimatnya “kalian dipecat !!” ketika sedang menitipkan pesan pada Zoro untuk Rob Lucci, Kaku dan Kalifa. Dia menjadi salah satu kandidat kuat tukang kayu topi jerami.
Teman Lain
Kobby adalah anak yang mendampingi Luffy pada saat cerita Alvida dan Morgan. Sekarang dia masih memegang kata-kata Luffy “tetap meraih impian walaupun harus mati”. Dia membantu Luffy untuk melepaskan ikatan Zoro dan berpisah di kota Shell untuk bergabung menjadi angkatan laut. Pangkatnya sekarang adalah sersan kepala, dia direkrut oleh Garp, kakek Luffy
Piman, Ninjin dan Tamanengi adalah seorang anggota kelompok bajak laut usopp, mereka sudah menjadi sahabat usopp di desanya dan mempunyai impian yang sama, tapi usopp meninggalkannya saat luffy mengajaknya bergabung dengan kru topi jerami, dan berjanji akan kembali untuk mengajaknya setelah impiannya terwujud. mereka berjanji akan menjaga nona kaya saat usopp tidak ada.
Johnny dan Yosaku adalah dua orang pemburu hadiah rekan Zoro yang bergabung selama cerita Baratie sampai cerita Arlong. Mereka berpisah di desa Kokoyashi.
Aliansi Saruyama yaitu Masira, Shojo, dan Monbran Cricket yang bergabung pada cerita Jaya. Mereka membantu kelompok untuk dapat pergi ke Pulau Langit.
Gan Forr dan Pierre Gan Forr adalah ksatria langit yang membantu melawan prajurit dewa Skypiea pada cerita Skypiea. Pierre adalah kuda milik Gan Forr.
Conis, Pagaya, dan Sue Conis dan Pagaya adalah penduduk Skypiea yang mengetahui rencana Enel menumbangkan Skypiea. Suu adalah rubah milik Conis. Conis yang merawat Sanji dan Usopp yang hangus dan pergi melakukan pemberontakan kepada prajurit dewa.
Keluarga Franky membantu sepanjang cerita Enies Lobby. Awalnya mereka adalah musuh Luffy, tetapi setelah mengetahui Franky sang bos diculik, mereka bergabung dengan Luffy dan menyerang Enies Lobby secara besar-besaran.
Kokoro, Chimney dan Gonbe membantu sepanjang cerita Enies Lobby. Kokoro adalah masinis dari kereta api laut, Chimney adalah cucunya dan Gonbe adalah kelinci milik Chimney.
Peepley Lulu dan Tilestone adalah tukang kayu Galley-La yang membantu bersama Pauly menyerang Enies Lobby.
Monkey D. Luffy, seorang anak yang bercita-cita menjadi seorang raja bajak laut yang terinspirasi dari idolanya yaitu Shanks, Shanks mengarungi lautan untuk mencari harta karun legendaris One Piece yang ditinggalkan oleh raja bajak laut yaitu Gol D. Roger
Di awal perjalanannya, dia bertemu berbagai macam musuh sesama bajak laut, seperti Alvida, Buggy The Clown, Kuro, Don Krieg, dan Arlong. Dia juga telah mengumpulkan rekan seperjalannya, yaitu Roronoa Zoro, Nami, Sanji, dan Ussop yang akan mendampinginya mewujudkan cita-citanya. Sampai akhirnya Luffy dan kelompoknya yang dijuluki Kelompok Bajak Laut Topi Jerami berhasil memasuki lautan legendaris Grand Line di mana One Piece berada.
Di Grand Line, awalnya mereka terlibat konflik langsung dengan organisasi kriminal Baroque Works yang dipimpin oleh Crocodile, seorang Shichibukai. Di tengah perjalanan mereka menambah satu kru lagi [Tony-Tony Chopper] yaitu dokter dengan wujud asli adalah rusa kutub berhidung biru pemakan buah Hito-Hito sehingga dapat berbicara dengan bahasa manusia. Setelah berhasil menumbangkan Baroque Works beserta menggagalkan semua rencana menumbangkan sebuah negeri, Luffy dan kawan kawan berlayar kembali dan berakhir di negeri langit Skypiea yang terletak di White Sea, di sini mereka harus menghentikan ambisi seorang pemimpin serakah bernama [God Enel] yang sebelumnya menghancurkan kampung halamannya sendiri. Sebelummnya mereka menambah satu kru lagi, yaitu [Nico Robin] seorang arkeolog dengan nilai buruan 79 juta Berry karena kemampuannya membaca phoneglyph.
Kelompok berhasil mengalahkan Enel dan menyelamatkan Skypiea dari kehancuran, mereka pun turun ke Blue Sea lewat gurita. Mereka berlayar kembali dan sampai di Water Seven, di kota ini terkuak masa lalu [Nico Robin] dan hubungannya dengan agen rahasia pemerintah CP9. Demi membebaskan Nico Robin, grup bajak laut Topi Jerami menyatakan perang terbuka terhadap pemerintah dunia sehingga mengakibatkan harga buruan masing-masing kru bertambah. Di Water Seven bertambah satu anggota lagi, yaitu Franky (Cutty Flam) dan kapal barunya Thousand Sunny yang terbuat dari kayu (Adam’s Tree) yang sama dengan kapal Gol D. Roger, sang raja bajak laut. Kapal Thousand Sunny ini dibuat sebagai pengganti dari kapal Merry-Go yang tidak mampu berlayar lagi.
Mengikuti log pose, seharusnya tujuan selanjutnya ada Pulau Mermaid, tetapi grup bajak laut Topi Jerami malah terdampar di Floriant Triangle dan masuk ke Thriller Bark, suatu kapal besar tempat kediaman seorang Shichibukai Gekkou Moria.
Di Thriller Bark, grup Topi Jerami berhasil menundukkan OZ (zombie terkuat ciptaan Moria) dan Moria itu sendiri. Zoro mendapatkan pedang baru dari Master Ryuuma dengan nama Shushui yang merupakan salah satu 12 pedang tertajam. Kemudian muncul kembali salah satu Shichibukai lain, yaitu Bartholomew Kuma (dengan julukannya “sang Tirani”) yang ingin memusnahkan semua saksi mata kekalahan Moria. Dan pertarungan melawan Kuma pun dimulai. Pertempuran itu berakhir dengan Zoro menanggung semua luka yang diderita Luffy sebagai wujud hormat kepadanya karena Kuma mempunyai kemampuan menghilangkan luka dan penyakit dan sebagai ganti Kuma tak boleh menyentuh luffy.
Brooke, si manusia tengkorak mesum, pemakan buah Yomi-yomi menjadi kru kedelapan sebagai pemusik dengan kemampuan berpedang layaknya Zoro namun hanya satu pedang dan kemampuannya adalah melemahkan musuh dengan suara yang diciptakannya melalui biola. Dia adalah pelaut yang berjanji kepada Laboon, paus yang berada di Reverse Mountain, Red Line (pintu masuk Grand Line).
Mengikuti Log mereka keluar dari Triangle Floriant dan bertemu dengan orang yang memiliki muka yang sama dengan poster Sanji dan juga duyung bernama Camie dan Merman Hacchi, salah satu mantan anak buah bajak laut Arlong yang dulu menguasai Desa Kokoyashi, asal Nami. Hacchi juga merupakan pedagang Takoyaki yang terkenal enak.
melalui keduanya mereka tahu jika ingin melewati Red Line ada dua jalan, yaitu melalui Marie Joa markas angkatan laut atau melalui pulau merman yang berada 10.000 meter di bawah permukaan laut. Mereka meminta bantuan dari Rayleight atau Dark King yang dulu merupakan anak buah dikapal Gol D. Roger untuk memnuat kapal mereka bisa tenggelam tapi tidak rusak. Karena jalan satu-satunya menuju belahan lain Grand Line bagi bajak laut adalah melalui Pulau Merman.
Sebelum membuat kapal mereka tengelam mereka bertemu dengan 11 orang bajak laut yang disebut dengan Eleven Supernova (termasuk Luffy), yaitu bajak laut dengan nilai buruan diatas seratus juta beri. mereka adalah Capone Gang Benge bajak laut Firetank (138.000.000), Jewellry Bonney ‘Big Eater’ bajak laut Bonney (140.000.000), Basil Hawkins bajak laut Hawkins (249.000.000), Eustass Kid bajak laut Kid (315.000.000), Scrathmen Apoo ‘Roar of The Sea’ bajak laut On Air (198.000.000), X Drake ‘Red Flag’ bajak laut Drake (222.000.000), Urouge ‘Mystery Monk’ bajak laut Fallen Monk (108.000.000), Killer ‘Massacre Man’ ktu bajak laut Kid (162.000.000), Trafalgar Law ‘Dark Doctor’ bajak laut Heart (200.000.000), Roronoa Zoro kru bajak laut Strawhat/Luffy (120.000.000), dan Monkey D. Luffy bajak laut Strawhat (300.000.000)
Sebelumnya saat mereka meninggalkan Floriant Triangle ada kabar kalau Portgas D. Ace, kakak Luffy tertangkap oleh Shicibukai baru pengganti Crocodille, yaitu Kurohige atau Marshall D. Teach dan akan dihukum mati sehingga Shirohige yang juga merupakan salah satu kaisar lautan menyatakan perang terhadap pemerintahan dunia.
Mereka juga membuat masalah dengan Tenryuubito atau keturunan dari para pendiri pemerintahan dunia, sehingga siapa saja yang berani menggangunya akan berurusan dengan admiral. Mereka mempunyai kekuasaan absoulut. Mereka juga mau memjadikan Caime sebagi budak.
Luffy, Trafalgar Law, dan Eustass Kid menghadapi secara langsung Admiral Kizaru yang diperintahkan oleh Sengoku.
Jalan Cerita
Kisah East Blue
Permulaan serial ini yaitu ketika Luffy mencari anggota kelompok yang ingin berlayar bersamanya. Dinamakan kisah East Blue karena latar cerita ini berada di perairan timur East Blue, sebelum memasuki Grand Line
Cerita Romance Dawn kisah masa lalu Luffy, dimana dia bertemu Shanks dan berjanji pada Shanks untuk menjadi bajak laut yang hebat.'(Romance Dawn adalah judul resmi cerita masa lalu Luffy)
Cerita Morgan 10 tahun setelah itu, Luffy berlayar menjadi bajak laut, untuk mencari kru pertama, dia mengunjungi pangkalan angkatan laut dimana Zoro disekap. Tetapi dia harus menghadapi kapten Morgan dari angkatan laut.
Cerita Buggy setelah Zoro bergabung, mereka terdampar di kota yang dikuasai bajak laut Buggy, Luffy juga bertemu Nami dan mengajaknya menjadi navigator kapal. Luffy dan Zoro harus menghadapi Buggy untuk menyelamatkan kota.
Cerita Kuro Luffy, Nami dan Zoro pergi ke sebuah desa dan akhirnya mereka terlibat konflik dengan bajak laut Kuro. Mereka juga bertemu dengan seorang pemuda pemberani dari desa, Usopp dan Luffy mengajaknya bergabung karena melihat kemampuannya dalam menembak.
Cerita Baratie Untuk mencari seorang koki, mereka memutuskan untuk pergi ke restoran terapung Baratie. Ternyata ada bajak laut besar Don Krieg yang ingin merampas Baratie. Konflik terjadi antara kru Luffy dengan kru Don Krieg. Di tengah pertempuran itu, muncul seorang bajak laut Shichibukai yaitu Mihawk si mata elang. Di lain sisi, Nami berusaha kabur dan membawa kapal mereka…
Cerita Arlong Setelah menyelesaikan pertempuran di Baratie, mereka mengejar Nami yang kabur, mereka juga berhasil mengajak koki bernama Sanji untuk bergabung. Ternyata Nami pergi ke pulau yang dikuasai Arlong dan manusia ikan lainnya. Dan ternyata Nami bekerja untuk Arlong. Luffy marah setelah setelah mengetahui bahwa Nami hanya dipermainkan Arlong dan mereka terlibat konflik dengan kelompok bajak laut Arlong.
Cerita Loguetown setelah mengalahkan Arlong, mereka menuju pulau terakhir di East Blue, Loguetown. Disini mereka menghadapi berbagai macam musuh dari Buggy dan Alvida yang ingin balas dendam juga Kapten Smoker dari angkatan laut yang berusaha menangkap mereka.
Cerita Naga 1000 Tahun (tambahan) Cerita tambahan di serial TV. Setelah meninggalkan Loguetown, mereka bertemu Avis, seorang anak pemilik kekuatan buah Hiso Hiso yang meminta mereka menyelamatkan seekor naga yang diincar oleh seorang Perwira Angkatan Laut, Nelson.
Kisah Baroque Works
Yaitu kisah di mana Kelompok Topi Jerami berhasil memasuki Grand Line, dan secara kebetulan mereka harus menyelamatkan seorang putri kerajaan, Nefertari Vivi dan menyelamatkan kerajaan tersebut dari cengkraman organisasi kriminal yang mendambakan sebuah negara ideal yang bernama Baroque Works (BW).
Cerita Laboon Berlangsung tepat setelah para kru memasuki Grand Line, mereka masuk ke mulut ikan paus raksasa bernama Laboon. Di sinilah mereka mengetahui tentang dahsyatnya Grand Line dan mereka juga bertemu anggota BW, yaitu Miss Wednesday dan Mr. 7 yang ingin membunuh Laboon untuk dijadikan makanan penduduk kota Wishkey Peak.
Kisah Whiskey Peak Para kru memasuki kota pertama di Grand Line, Whiskey Peak. Di sini mereka disambut oleh para warga dan diajak berpesta. Ternyata para penduduk kota adalah pemburu hadiah yang menginginkan kepala Luffy semata. Zoro menyadarinya dan kemudian terlibat langsung pertempuran melawan semua pemburu hadiah yang ternyata anggota BW itu. Ternyata salah satu anggota BW, yaitu Miss Wednesday adalah putri mahkota yang menyusup ke tubuh organisasi BW sebagai mata-mata Kerajaan Arabasta bernama Nefertari Vivi. Di saat itulah Kelompok Topi Jerami terlibat dengan badan kriminal BW secara langsung dan menyelamatkan Vivi.
Cerita Little Garden Mengikuti arah Log Pose, Kelompok Topi Jerami menuju Pulau Little Garden, pulau di Grand Line yang masih tertinggal di zaman purba. Di sini mereka bertemu raksasa yang sedang bertarung, Dorey dan Broggy. Tetapi di balik itu, Mr. 3 dan Miss Golden Week juga pasangan Mr. 5 dan Miss Valentine dari Baroque Works merencanakan untuk membunuh kedua raksasa itu.
Cerita Drum Setelah mengalahkan Mr. 3 dan mendapatkan Log Pose ke Arabasta, secara tiba-tiba Nami jatuh sakit. Keadaan semakin gawat dengan munculnya Bajak Laut bernama Wapol. Setelah meninggalkan Wapol, mereka sepakat membawa Nami ke suatu pulau dan yang dituju adalah Pulau Drum. Di sini mereka harus mengantar Nami ke satu-satunya dokter di puncak gunung, Dokter Kureha. Sementara Wapol dan pasukannya diketahui adalah Raja dari Drum Kingdom. Mereka kemudian melawan Wapol dengan bantuan Tony S. Chopper, rusa peliharaan Dokter Kureha yang memakan buah Hito Hito dan membuat Luffy tertarik untuk merekrutnya.
Cerita Arabasta
Kisah Skypiea
Kisah setelah mereka menumbangkan Baroque Works dan ternyata arah Log Pose mereka menunuju ke arah langit. Kelompok Topi Jerami berusaha mencari informasi menuju pulau langit. Dan setelah mereka berhasil ke pulau langit yang bernama Skypiea, mereka diharuskan menghadapi sang dewa, God Enel dan menyelematkan penduduk langit dari kekejaman God Enel. Luffy ingin menyelamatkan Nami yang dibawa oleh Enel bersama kapalnya Maxim, di sana terlibat pertempuran Luffy vs Enel yang dibantu oleh Nami, Enel pun kalah dan pergi ke tanah dewa tempat impiannya yang bernama Fairy Vearth (sebenarnya Fairy Vearth itu “bulan”)
Cerita Pulau Jaya
Cerita Skypiea
Kisah CP9
Kru kembali berlayar dan kemudian bertemu dengan bajak laut foxy yang mengajak mereka untuk bermain dalam permainan Davy Back Fight dan yang menjadi pemenangnya adalah Kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Kelompok Topi Jerami kemudian bertemu dengan Aokiji, salah satu admiral pemakan buah Hie Hie, setelah bertarung dengannya, kru berlayar kembali menuju Kota Water 7 untuk memperbaiki Going Merry. Emas yang mereka bawa dari Pulau Langit, mereka tukarkan dengan uang sebesar 300 juta Berry, namun dalam perjalanan uang mereka dirampas oleh Franky Family. Di sini mereka menghadapi banyak masalah; masalah terbesar adalah difitnah sebagai dalang percobaan pembunuhan terhadap Walikota Water 7, Iceburg, dan ternyata dalang di balik semua itu adalah agen World Government, CP9, selain itu Nico Robin juga diculik oleh World Government, CP9. Kelompok Topi Jerami memutuskan untuk menyatakan perang dengan pihak World Government dan mengalahkan semua anggota CP9. Karena peristiwa ini, nilai buruan kelompok ini meningkat pesat.
Cerita Davy Back Fight
Cerita Water 7
Cerita Ennies Lobby
Setelah anggota CP9 berhasil membawa Robin dan Franky serta Usop mereka pergi menggunakan kereta api air (Puffing Tom) menuju Kota Pengadilan (Ennies Lobby). Tanpa mereka sadari Shanji berhasil ikut masuk ke Puffing Tom dan mulai mencari Robin untuk menyelamatkannya. Dengan kemampuannya dia berhasil mengalahkan tiap pimpinan gerbong kereta dan berhail membebaskan Franky dan Usopp. Setelah itu ketiganya mencoba menyelamatkan Robin, namun ternyata mereka masih kalah oleh kemampuan Blueno, pemakan buah Doa Doa, yang bisa menciptakan pintu di tempat yang dia inginkan termasuk di udara untuk mengambil Robin kembali. Sesampai di Ennies Lobby mereka bertemu dengan anggota CP9 yang lain, yaitu Fukurou, Jyabura, dan Kumadori, serta pemimpin mereka Spandam. Di lain pihak Luffy dan anggota lain yang menyusul ke Ennies Lobby bertemu Shanji di tengah laut dan bersama-sama menuju Ennies Lobby. Dengan bantuan hewan piaraan dan teman2 Franky, Luffy dan kawan2 akhirnya bisa masuk Ennies Lobby dan bertemu dengan CP9. Pada awal pertemuan Luffy bertemu dengan Blueno yang bisa dikalahkan dengan mudah oleh Luffy. Setelah itu pertempuran antara CP9 dan Luffy dkk.. Luffy vs Luccy, Nami vs Califa, Zoro vs Kaku, Fukurou vs Franky, Usopp (Soge King) vs Jyabura, dan Chopper vs Kumadori. Chopper sempat menjadi raksasa tak terkendali ketika dia memakan 3 Rumble Ball berturut-turut, tapi akhirnya disadarkan oleh Franky. Akhirnya ke semua anggota CP9 bisa dikalahkan oleh Luffy dkk. serta Robin berhasil diselamatkan. Ketika peperangan berakhir Ennies Lobby pun dihancurkan oleh angkatan laut.
Kisah Thriller Bark
Kru Topi Jerami kembali berlayar setelah berhasil meloloskan diri dari Wakil Admiral Monkey D. Garp (Kakek Luffy) dan Admiral Aokiji. Mereka bertemu dengan Brook, tengkorak yang diketahui hidup kembali karena kekuatan buah Yomi Yomi, Luffy menginginkan agar Brook menjadi anggotanya. Brook pun sebenarnya juga ingin menjadi anggota Topi Jerami, tetapi karena bayangannya telah dicuri, Brook tidak bisa keluar dari Floriant Triangle, jika Brook terkena sinar matahari dia akan terbakar atau mati. Kemudian, mereka terperangkap di kapal raksasa bernama Thriller Bark yang merupakan kapal bajak laut yang terbesar buatan gecko moria. Setelah Nami, Usopp, dan Chopper disandera, Luffy malah biasa saja. Mereka menemui banyak Zombie di Thriller Bark. Mereka bertemu Dr. Hogback, dokter yang dikenal telah berjasa besar dalam dunia bedah,Perona sang putri zombie kejutan. Dan akhirnya mereka mengetahui kalau semua zombie di Thriller Bark adalah ciptaan Dr. Hogback dengan bantuan Geckou Moria, salah seorang Shichibukai yang memiliki kekuatan buah Kage Kage untuk mengendalikan bayangan manusia dan bayangan itu dijadikan sebagai penggerak Zombie. Anggota Topi Jerami yang terpencar satu persatu harus menghadapi anak buah Geckou Moria. Sementara itu Odz, iblis raksasa 500 tahun yang lalu, akan dihidupkan kembali oleh Moria dengan mengunakan bayangan milik Luffy, juga Shichibukai lain, Bartholomew Kuma, datang untuk bertemu Moria dan membunuhnya.
Kisah Shabondy Archipelago
Cerita Pengendara Ikan terbang
Setelah meninggalkan Florian Triangle, Luffy melanjutkan perjalanan menuju Pulau Manusia Ikan, di tengah perjalanan, di seberang Red Line, mereka bertemu Caimie, seorang duyung yang meminta tolong untuk menyelamatkan Hatchan, temannya yang diculik oleh Flying Fish Riders. Sementara itu, pemimpin Flying Fish Riders memiiki dendam pada salah seorang anggota kelompok topi jerami. Tobiuo riders pada akhirnya berganti nama menjadi Jinsei Barairo riders.
Menuju Shabondy Archipelago
Setelah menyelamatkan Hatchan, mereka disarankan menuju Kepulauan Shabondy, agar bisa mendapatkan coating atau sesuatu alat penyelam untuk kapal agar dapat menuju Pulau Manusia Ikan. Sementara Shabondy adalah tempat wisata yang mengerikan karena dipenuhi oleh Penculik, Penjahat dan bajak laut kelas tinggi, dan Tenryuubito, para keturunan Raja-raja pendiri Pemerintah Dunia yang menganggap diri mereka suci. Tak ada yang berani melawan mereka. Bila ada yang berani melukai Tenryuubito, Admiral angkatan laut akan datang membawa satu brigadir pasukan untuk menghukum pelaku. Disana juga menjadi tempat berkumpulnya 11 orang bajak laut baru dengan harga buruan tertinggi, Para 11 Supernova.
Kekacauan di Shabondy Archipelago
Kepulauan Shabondy masih menyimpan sejarah hitam masa lalu, yaitu diskriminasi pada manusia ikan dan mermaid (dianggap sebagai ikan, bukan manusia). Akibatnya di Shabondy, Manusia Ikan dan Mermaid bebas untuk ditangkap dan dijual sebagai budak. Caimie ditangkap dan dijual di Lelang budak, dan dibeli oleh salah satu Tenryuubito, Charlos. Luffy yang marah besar akhirnya menghantam Charlos sampai pingsan. Keadaan juga dipertegang dengan kenyataan bahwa Angkatan Laut memutuskan untuk memenggal Ace, yang berarti pernyataan perang kepada kelompok Bajak Laut Whitebeard.
waktu melewati red line untuk pergi new world(ujung grand line)crew topi jerami dah terpencar2,coz kalah dari kizzaru dan sentoumaru dan akhirna diselametin kuma dengan cara di teleportasi ke tempat yang berbeda beda dari pada di bunuh oleh admiral kizaru
luffy sampai ke women island dan ketemu dengan sichibukai boa hancock yang kebetulan jatuh cinta pada luffy,dan mau menolong luffy masuk impel down(penjara)untuk menyelamatkan ace(kakak kandung luffy yang kalah bertarung dengan sirohige(sichibukai))
ace ditahan di level 6,di impel down luffy dibantu oleh buggy,mr3,dan mr2 yang kebetulan masi di penjara di impel down
tapi luffy kalah dengan magelan(sipir)di level 4,kemudian dengan tubuh yang hampir mati dan tidak bisa disembuhkan oleh para dokter,dia di selamatkan oleh mr.2 dengan keahliana merubah wajahna menjadi wakil sipir
trus dia dibawa mr.2 mencari ivankov(ratu para banci)untuk diselamatkan,ivankov adalah pengguna buah setan hormon,sehingga dapat menyelamatkan luffy dari racun magelan
dan setelah luffy bercerita kalo luffy adalah anak dragon sang revolusioner ivankov bersedia membantu luffy untuk menyelamatkan ace
ivankov adalah teman dragon yang tertangkap karena gerakan revolusioner(gerakan yang dipimpin oleh gragon untuk meruntuhkan world goverment)nya
sampai sekarang tinggal 8 jam sebelum ace di eksekusi,dan di luar impel down world goverment sudah siap dengan semua pasukanya termasuk 7 sichibukai 3 admiral dan seluruh vice admiral yang salah satuna adalah kakek luffy(garp)
sedangkan whitebeard(orang terkuat di dunia dan kapten ace)dan shanks sedang menuju impel down dan di hadang oleh kaidou yang termasuk yonkou(4 kaisar bajak laut)
dan ayah ace sendiri monkey D.Dragon belum muncuL……….
Kisah Impel Down
Pencarian Ace
Hancock dan Luffy yang sembunyi di balik jubah Hancock yang sampai di Impel Down di sambut oleh angkatan laut.Sebelum menuju penjara bawah tanah,Hanconk diharuskan melakukan pemeriksaan.Saat diperiksa Hancock membatukan penjaga dan kamera lalu Luffy keluar dan bersembunyi di langit-langit.Lalu Luffy masuk ke dalam penjara level 1 dan mencari jalan menuju tempat Ace.Di tengah pencarian Luffy bertemu dengan Buggy yang sedang kabur.Luffy menghajar semua penjaga,lalu Buggy ikut dengan Luffy menuju level 2.Di level 2 mereka bertemu dengan Mr.3.Buggy dan Mr.3 yang berniat meninggalkan Luffy dan kabur jatuh ke level 3 karena lantai penjara runtuh.Di level 3 mereka bertemu dengan Mr.2. setelah menghadapi berbagai macam halangan monster penjaga, Luffy dan Mr.2 (yang dengan rela membantu Luffy untuk pergi ke level 5) tiba di level 4 bersama dengan Bugy dan Mr.3 yang tanpa sengaja ikut jatuh ke level 4. disana mereka langsung dihadang oleh ketua penjaga Impel Down, Magelan. Luffy pun gagal melawan Magelan dan akhirnya meleleh. Luffy pun dibawa ke Level 5 “Frerzing Hell”. Saat itu Bon-clay pergi menyelamatkan Luffy walau diserang serigala gila. Luffy bebas, tapi Bon Clay harus pingsan. Saat itu muncul orang Suruhan “Miracle Worker” Emporio Ivankov. Emporio Ivankov adalah seorang ratu Kerajaan Kamabakka tempat Sanji jatuh oleh Kuma. Saat ada orang yang menyerang Ivan kov dia mengeluarkan juru “DEATH WASH”. Lalu orang itu terkena juru Female Hormon yang membuat dia menjadi perempuan. Luffy pun ternyata dikurung di suatu tempat dan tinggal 10 jam waktu eksekusi Ace.Luffy harus terkena jurus Hormon Heal untuk mengembalikan tenaga Luffy oleh “Miracle Worker” Emporio Ivankov. Semua anggota Kama Land mendukung Luffy agar tidak menyerah oleh rasa sakit jurus itu. Luffy berteriak “Makan” saat memukul penutup penjara, yang menandakan ia sudah Kuat. Di Level 6 Ace dan Jimbei “Kesatria Lautan” Sang Shicibukai menunggu waktu Eksekusi. Luffy bangkit oleh makanan yang diberi Ivankov. Saat itu ia berterima kasih kepada Ivankov karena telah menyelamatkannya juga Bon Clay. Ivankov terkejut ketika Luffy mengaku bahwa dia anak Dragon sang revolusioner. Ternyata Ivankov adalah kru/anak buahnya Dragon dan menanyakan tentang anaknya. Ia pun membantu Luffy menyelamatkan Ace dengan Inazuma. Mereka menuju Level 6 tempat Ace berada. Para penjaga Impel Down dan Magellan berjaga jaga di depan penjara Ace juga siap-siap membawa ace ke marineford.tempat para marine HQ. Luffy yang sampai di level 6 “Infinity hell” terkejut ketika melihat Ace tidak ada di penjara. Lalu mereka bertemu Jimbei, salah seorang shicibukai yang juga ditahan bersama Ace. Jimbei memberitahu Luffy bahwa Ace akan dibawa ke Marineford. Dia segera pergi tapi tangga sudah dikurung sehingga Luffy tidak bisa ke Level 1. Inazuma menggunakan kekuatannya yaitu “Gunting” untuk memotong kurungan itu. Mereka juga bertemu Crocodile, yang pernah dikalahkan Luffy. Crocodile menawarkan diri untuk membantu Luffy bertemu Ace. Luffy pun akhirnya mau menerima Crocodile untuk membantunya. Jimbei juga menawarkan diri untuk membantu Luffy. Inazuma membebaskan mereka berdua dari penjara. Luffy si topi jerami, Inazuma sang revolusioner, Ivankov sang ratu kerajaan kamabakka, Jimbei sang sichibukai, juga Crocodile sang shicibukai siap untuk menyelamatkan Ace dalam 1 team. Sesaat jalan keluar mulai ditemukan. Sayang bahaya muncul dan banyak masalah menghadang Luffy dan para tahanan. Disamping itu, para tahanan di impel down telah dibebaskan oleh Buggy. Saat sedang menuju pintu keluar ternyata Kurohige juga sedang melawan Magellan. Kurohige yang berhasil menipu magellan, berhasil pergi dengan meninggalkan sedikit pesan kepada Luffy. Saat bertemu dengan para tahanan, Crocodile bertemu Mr.1 alias Dazz Bones yang dulu menjadi bawahannya. Dazz Bones pun ikut membantu Luffy dan kawan-kawan. Saat hampir mendekati pintu keluar, Luffy dihadang Magellan. Ternyata saat Magellan menyerang Luffy dengan racunya, Mr.3 berhasil menghentikan serangan Magellan dan membuat Luffy dan kawan-kawan keluar dari Impel Down. Saat itu, Jimbei, Crocodile, dan Mr.1 pergi untuk mengambil kapal. Dengan kekuatan Jimbei sang penguasa lautan, mereka bisa mengambil kapal dengan bantuan Hiu paus yang dipanggil Jimbei. Sayang saat Luffy dan kawan-kawan pergi dari Impel down, Mr.2 harus tetap tinggal melawan Magellan seorang diri. Luffy yang bisa berteriak dengan keras sampai melewati laut berkata terima kasih kepada Mr.2. Mereka Pun akhirnya berhasil melewati gerbang keadilan.sementara itu sisa waktu ace tinggal 3 jam dimanfaatkan orang seluruh dunia untuk melihat ace komandan divisi 2 shirohige di eksekusi termasuk para admiral akainu, aokiji, dan kizaru serta para sichibukai.sesaat sebelum eksekusi sengoku menanyakan siapa nama orang tuanya dan ace menjawab bahwa orang tuanya adalah shirohige, sengoku marah dan memberitahu ace sesuatu yang sangat penting tentang dirinya yaitu dia bukan anak shirohige. ace dilahirkan di south blue oleh wanita bernama Portgas D.Rouge ibunya langsung meninggal ketika ace lahir dan yang sangat mengejutkan ace adalah anak sang raja bajak laut Gol D.Roger!! karena ibunya meninggal roger menitipkan ace kepada Garp kakek luffy.
Kisah Markas Besar Angkatan Laut
Penyelamatan Ace dan Serangan Shirohige
Saat mendengar kabar yang mengejutkan itu Ace menjadi diam. Hanya saja saat itu ada berita dari salah seorang perwira angkatan laut bahwa Kelompok bajak laut shirohige menyerang markas besar angkatan laut saat itu juga. Mendengar berita itu Ace juga para angkatan laut melihat ke arah laut dan ternyata armada kapal Bajak laut shirohige yang sangat banyak telah datang. Dan di pelabuhan, kapal utama tempat sang pemimpin Shirohige akhirnya muncul dari dalam laut. Kapal besar itu ditumpangi oleh sang pemimpin Kelompok bajak laut Shirohige Sang Yonkou atau empat kaisar. Shirohige yang muncul di haluan kapal langsung berbicara untuk menyelamatkan Ace. Dan akhirnya serangan besar itu disambut oleh 5 Shichibukai, Bartholomew Kuma, Boa Hancock, Donquixate Doflamingo, Gecko Moria, dan Mihawk. Selain itu panggung dilindungi oleh 10 raksasa perwira angkatan laut. Diatas, para 3 admiral melindungi Sengoku yang bersama Ace. di saat itu Ace sedang memikirkan masa lalunya. Ace yang mempunyai cita-cita menjadi bajak laut kemudian melakukan perjalanan dan berhasil mengumpulkan teman-teman. Kelompok bajak laut Ace itu melakukan kegiatan yang membuat Ace menjadi terkenal. Berita tentang Ace terdengar oleh Shirohige. Saat itu Shirohige pergi untuk menyerang kelompok bajak laut Ace. Ace yang ternyata kalah, memaksa Shirohige untuk membunuhnya. Tapi, Shirohige yang ternyata ingin membunuh Ace punya maksud lain.Dia ingin mengajak Ace bergabung dengannya dan menjadikan dia sebagai anaknya. Ace terpaksa ikut dengan shirohige karena tidak ingin mati. Setiap kali Shirohige lengah di kapal, Ace berusaha menyerangnya. Sayangnya tidak bisa, karena Shirohige sangat kuat. Tapi saat itu, Ace minta agar dia tidak diberi makan. Tapi komandan divisi 1, Marco, mengatakan bahwa Shirohige dan anak buahnya sangat senang dengan datangnya Ace. Ace sadar dan saat itulah Ace baru menyatakan bahwa satu-satunya orangtuanya adalah Shirohige. Sayang, peristiwa pembunuhan komandan divisi 4, satch, membuat ace mencari teach dan akhirnya dia harus ditangkap markas besar angkatan laut. Serangan Shirohige pun dilancarkan dengan datangnya tsunami. Tapi Admiral Aokiji, melakukan jurus Ice Age dan membuat tsunami itu menjadi es. Serangan dilakukan kembali oleh shirohige dengan hanya menggerakan tangannya. Serangan pun dilakukan oleh para pemimpin pasukan bajak laut shirohige. Serangan itu dilawan dengan serangan 5 wakil admiral. Mihawk si mata elang berusaha untuk menyerang Shirohige,ia berkata ingin melihat sejauh mana perbedaan kekuatan antara dirinya dan Shirohige. tapi serangan itu kembali dilawan oleh pertahanan Komandan Divisi 3,Joz yang memiliki kekuatan buah iblis berupa intan. Kizaru yang mulai menyerang juga dilawan oleh komandan divisi 1, Marco yang terlindung oleh api biru dan membuktikan bahwa Shirohige takkan bisa disentuh hanya dalam sekali serangan, memperingatkan Kizaru seberapa mengerikan kelompok bajak laut Shirohige. Marco sang pemakan buah iblis zoan binatang legenda tipe phoenix yg yang bahkan lebih langka daripada jenis logia.bagaimanapun kizaru menyerang tubuh marco selalu balik ke bentuk semula,dikarenakan phoenix bisa meregenerasikan tubuhnya sendiri (sama seperti kurohige yaitu tipe logia yang menyerupai paramecia tapi ini zoan menyerupai logia) ,marco juga bisa menguasai haki,karena bisa di lihat dia bisa menendang kizaru yang memiliki kemampuan logia ,mereka bertarung sesaat di udara lalu Kizaru jatuh ke tanah tapi wujudnya kembali semula. kizaru memerintahkan para pasukan raksasa untuk menyerang . sementara itu Joz mengangakat bongkahan batu es sebesar gunung es dan melemparnya ke arah pasukan angkatan laut. Saat pasukan angkatan Laut mulai panik ,admiral terakhir Akainu(Sakazuki) terlihat tenang di kursinya dan berkata “takkan ada yang melindungi markas besar jika semuanya lari dari pertarungan .Admiral Akainu sang manusia magma menghancurkan batu es itu dengan jurus great eruption.yang mengakibatkan kerusakan parah pada moby dick kapal induk shirohige.dan saat para raksasa dari angkatan laut menyerang,shirohige melepaskan litle oars jr dan langsung menyerang jajaran vice admiral.sepertinya little oars adalah keturunan dari oz dan moria sangat menginginkan jasad nya.Boa Hancock kemudian menyerang para bajak laut dengan kekuatan buah mero-mero dan mengubah mereka menjadi batu dan menghancurkannya tapi ia tidak hanya menyerang bajak laut tapi juga angkatan laut. little oars mengamuk dan menghancurakn kapal-kapal angkatan laut tetapi bartholomew kuma sang shicibukai menyerang little oars dengan jurus ursus shock dan dilanjutkan oleh tembakan beruntun dari angkatan laut. ace yg melihat hal itu menyuruh little oars untuk berhenti karena dengan ukuran tubuhnya yg besar pasukan angkatan laut akan mudah untuk menyerangnya, tetpi little oars terus berusaha menyelamatkan ace walaupun kaki kanannya putus karena dipotong oleh don quixote doflamingo . ace yg melihat hal itu sangat sedih dan mengingat masa lalunya bersama little oars . akhirnya little oars pun mati dihadapan ace. kemudian luffy dan teman-temannya datang.crocodile yang saat itu akan menyerang shirohige dicegah oleh luffykarena ia adalah orang yang sangat dikagumi oleh ace. luffy memulai dengan menyerang tetapi dicegah oleh ace yang tidak mau melihat luffy mati,saat para zombie menyerang, jimbei membantu dengan menyiramkan air laut ke arah zombie.luffy berteriak akan menyelamatkan ace walau beresiko mati.melihat semangat luffy shirohige meminta marco untuk melindungi luffy dan tidak diberi ampun bila sampai luffy mati.
.Dan Ternyata Ace dapat Dibebaskan. Namun Ace mati oleh Admiral Akainu. Setelah itu ternyata Black Beard pirate tiba-tiba muncul di tempat hukuman mati dan membunuh shirohige.Kemudian shirohige pun wafat sambil berdiri tanpa bekas luka satu pun akibat melarikan diri dan jenazah shirohige pun dimanfaatkan oleh Kurohige untuk meneror dunia dengan cara menghisap kekuatan buah iblis shirohige. kekuatan kurohige menteror seluruh dunia dengan kekuatan gempa yang diambil dari shirohige. jimbei yang berusaha melindungi Luffy dengan seluruh kekuatannya akhirnya kalah oleh kekuatan Admiral Akainu, ketika itulah datang Trafalgar Law berusaha menyelamatkan Luffy. Coby yang sangat sedih karena banyaknya marine dan bajak laut yang tewas berusaha menghalangi aikanu dan menyudahi perang yang menurutnya tidak berguna itu. Shanks dan kelompoknya datang berusaha menyudahi perang ini. Melihat red-haired datang Mihawk pergi karena ia hanya ikut berpartisipasi dalam perang dengan grup bajak laut shirohige.Kemudian setelah shanks tiba Sengoku yang dipaksa oleh Shanks untuk mengakhiri perang tersebut mendeklarasikan perang telah berakhir dan seluruh bajak laut meninggalkan tempat tersebut dibawah pengawasan shanks dan kelompoknya.Dilain pihak seluruh dunia telah berubah akibat kematian dan kata-kata shirohige para bibit baru bajak laut pun muncul disertai dengan jatuhnya seluruh wilayah kekuasaan bajak laut shirohige .
KISAH SABO
Pangkalan Gray
setelah perang di markas angkatan laut berakhir, luffy dibawa pergi ke pulau wanita kuja. Saat luffy tersadar dari pingsannya, ia teringat kembali oleh peristiwa 10 tahun lalu saat luffy berumur 7 tahun dan ace beerumur 10 tahun, luffy dipaksa pindah dari desa fuusha oleh garp karna telah bergaul dengan bajak laut dan memakan buah iblis. ia di titipkan di rumah curly dadan seorang perampok dari gunung colbo. Ace yang saat itu belum mengenal luffy terlihat begitu menakutkan. luffy malah mengagumi kekuatan dan keberanian ace dan selalu mengikuti ace ke hutan hingga ia berhasil mengikuti sampai tempat tujuan ace. saat itulah ia bertemu dengan sabo sahabat satu satunya yang ace punya.
hmmm…skarang luffy mempunyai kekuatan haki yang telah ia pelajari selama 2 tahun dengan dark king ,,,wuahhh,,makin seru nih,,,
Shichibukai adalah organisasi bajak laut fiktif .
Shichibukai adalah tujuh orang bajak laut yang paling kuat yang berarti juga 7 dewa bajak laut. Shichibukai adalah satu di antara “Tiga Kekuasaan besar, bersama “Empat Kaisar(Yonkou)” dan Angkatan Laut. Shichibukai walaupun bajak laut, bekerja di bawah kekuasaan pemerintah dunia (World Government). Mereka hanya boleh menyerang bajak laut lain dan juga harus membayar Pemerintah sepersepuluh di antara barang rampasan mereka. Banyak orang yang menyebut Shichibukai adalah anjing pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *